Kepala Biro Penerangan masyarakat Humas Polri Brigjen Pol. Rusdi Hartono memberikan keterangan pers di Jakarta, Senin (1/3). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Sebanyak 12 terduga teroris yang ditangkap di Provinsi Jawa Timur adalah kelompok Jamaah Islamiyah yang berafiliasi dengan Al Qaeda. Demikian ditegaskan Kepala Biro Penerangan masyarakat Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono, dalam jumpa pers di Mabes Polri Jakarta, Senin (1/3).

“Aktivitas kelompok ini adalah kelompok Jamaah Islamiyah, tentunya berafiliasi kepada Al Qaeda,” kata Rusdi, dikuti dari kantor berita Antara.

Baca juga:  Jamrud dan Cokelat Kembali Sukses Hadirkan 'Lautan Manusia' di Festival Crossborder

Adapun aktivitas mereka, di antaranya latihan beladiri, merancang bungker untuk pembuatan senjata maupun bom rakitan. Bahkan, terduga teroris itu telah mempersiapkan tempat penyimpanan senjata hingga tempat pelarian setelah melakukan aktivitas terorisme.

Mereka juga telah berencana melakukan amaliah. Namun bentuk amaliah apa yang akan dilaksanakan kelompok sedang dilakukan pendalaman, katanya.

“Bentuknya apa dan sasarannya mana, masih pendalaman dari Densus, nanti akan kami sampaikan,” kata Rusdi.

Baca juga:  DPRD Bali Buat Surat Keputusan Rapat Masalah Desa Pakraman

Tim Densus 88 Antiteror Polri menangkap 12 orang terduga teroris di Provinsi Jawa Timur, Jumat (26/2). mereka berinisial UBS alias F, TS, AS, AIH alias AP, BR, RBM, Y, F, ME, AYR, RAS, dan MI. Mereka diketahui memiliki peran yang berbeda-beda dalam jaringan terorisme.

Terduga teroris itu ditangkap di sejumlah wilayah, yakni delapan orang di Sidoarjo, dua orang di Surabaya, seorang di Mojokerto, dan seorang lagi di Malang.

Baca juga:  BNPT, TNI dan Polri Harus Bersatu Hadapi Teroris

Sejumlah barang bukti diamankan berupa 50 butir peluru 9 mm, satu pistol rakitan jenis FN, empat bendera daulat warna hitam dan putih, delapan buah pisau, dua buah samurai, golok, hingga senjata tajam berbentuk busur. (kmb/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *