Wayan Koster. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Bali bergerak dinamis dan terukur dalam menjaga adat dan tradisinya. Di bawah kepemimpinan Gubernur Bali Wayan Koster, penataan kawasan parahyangan, infrastruktur, pelabuhan, gedung Majelis Desa Adat (MDA) hingga Pusat Kebudayan Bali direalisasikan. Penguatan daya saing produk sektor ekonomi, jasa dan ekonomi juga dibuatkan regulasi.

Terobosan di bawah kepimpinan Gubernur Wayan Koster, membuat krama Bali optimis. Bali menatap harapan baru menuju keharmonisan hidup di Tanah Bali. Keseimbangan ekosistem alam dan terjaganya pewarisan budaya dan tradisi secara berkelanjutan bergerak dengan arah yang jelas. Bali menuju peradaban Bali Era Baru dengan spirit Nangun Sat Kerthi Loka Bali secara berkesinambungan. Keberpihakan inilah yang kini menjadi identitas pembangunan Bali dan peradabanya.

Baca juga:  Bali United Diliburkan Hingga 29 Mei

Terobosan terbaru terkait dengan Surat Edaran (SE) Gubernur Bali Nomor 04 Tahun 2021 tentang Penggunaan Kain Tenun Endek Bali/Kain Tenun Tradisional Bali. Terobosan ini mendapat apresiasi dan dukungan dari berbagai kalangan. Apresiasi juga datang dari kalangan perajin dan pelaku usaha. Menjaga dan mewariskan tradisi serta bangga menggunakan produk kain tenun endek dan kain tenun tradisional mestinya menjadi bagian dari identitas krama Bali. ‘’Fraksi PDI Perjuangan dan kader partai totalitas mengawal kebijakan ini. Ini kebijakan multiplier effect di tengah tekanan pandemi Covid-19,’’ ujar Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Bali Dewa Made Mahayadnya, S.H. Di sela-sela webminar terkait SE Gubernur Bali Nomor 04 Tahun 2021, Selasa (23/2).

Baca juga:  Evakuasi WNA dari Bali Masih Terjadi, Puluhan WN Kazakhstan Pulang

Mahayadnya menegaskan, jajaran PDI Perjuangan Bali solid dan sangat mengapresiasi terobosan ini. ‘’Daya dukung dan daya ungkit kebijakan ini sangat dirasakan masyarakat perajin dan pelaku usaha di sektor ini. Dukungan dan keberpihakan pada terobosan Gubenur Bali ini jelas dan terus menguat,’’ tegasnya.

Mahayadnya menambahkan, PDI Perjuangan meyakini kebijakan terukur yang didasari kajian yang jelas atas potensi yang ada telah menjadi dasar bagi Gubernur Bali Wayan Koster meluncurkan SE tentang Penggunaan Kain Tenun Endek Bali/Kain Tenun Tradisional Bali. ‘’PDI Perjuangan menegaskan siap pasang badan dan totalitas mengawal kebijakan ini. Apresiasi dari banyak kalangan dan instansi pemerintahan dan BUMN serta kalangan swasta membuktikan Gubernur Bali Wayan Koster paham betul terhadap strategi menuju Bali harmoni dan memiliki kemampuan berdikari. ‘’Komitemen kami di PDI Perjuangan jelas, menjaga peradaban Bali dan melakukan rencana aksi yang jelas dalam melakukan pengawalan terhadap tradisi dan budaya Bali,’’ tegasnya. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.