Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng. (BP/Dokumen)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Putaran final pemilihan Rektor Unud masa bakti 2021-2025, telah berjalan, Selasa (6/7). Proses pemilihan yang digelar secara online ini, berhasil memilih rektor untuk masa jabatan 2021-2025.

Calon Nomor Urut 2, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng., sukses terpilih. Ia meraih suara terbanyak mengungguli kedua calon lainnya.

Menurut ketua panitia Pemilihan Rektor Prof.Dr.Ir. I Gede Mahardika, M.S., pemilihan rektor yang sedianya digelar secara hybrid, akhirnya digelar secara online dari kediaman masing-masing. Hal itu dilakukan mengingat saat ini sedang diberlakukan PPKM Darurat, untuk menghindari kerumunan.

Baca juga:  Kembali, Bali Post Kirimkan Bantuan Gempa Lombok

Tata cara pemilihan, kata Prof Gede Mahardika, dilakukan dengan sistem e-voting. Setiap anggota senat sudah memiliki akun masing-masing untuk memilih.

Di sana, ada pilihan untuk pemilihan rektor yang dikemas seperti surat suara. Dari sana, anggota senat tinggal mengklik foto yang tertera di surat suara digital itu.

Dalam pemilihan ini, masing-masing anggota senat hanya memiliki kesempatan satu kali untuk memilih. Setelah selesai memberikan hak suaranya, mereka tidak bisa lagi untuk memilih, karena tombol sudah terkunci. “Karena situasi PPKM darurat, kita tidak boleh berkumpul sehingga syarat dari kementerian, pemilihan dilakukan secara online,” katanya saat dikonfirmasi.

Baca juga:  Belasan Kasus Positif COVID-19 Baru Masih Didominasi Transmisi Lokal

Pemilihan ini dimulai mulai jam 10.00 WITA. Pada pemilihan ini, lanjutnya, jumlah total pemilih ada sebanyak 122 orang. Rinciannya 79 anggota senat dan 43 perwakilan dari kementerian.

Adapun hasil pemilihan ini menetapkan Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng calon nomor urut 2 dari Fakultas Teknik sebagai Rektor Unud masa bakti 2021-2025. Prof Gde Antara yang kini masih menjabat Wakil Rektor I Bidang Akademik unggul dengan total raihan sebanyak 81 suara.

Baca juga:  Uji Coba PTM di Petang, Kemungkinan Molor dari Jadwal

Sementara No 1 atas nama Prof. Dr. dr. I Ketut Suyasa, Sp.B., Sp.OT(K) dari Fakultas Kedokteran meraih suara sebanyak 31 dan Nomor urut 3 Dr. I Wayan Budiasa, SP.,MP dari Fakultas Pertanian meraih sebanyak 10 suara. (Yudi Karnaedi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *