Pohon tumbang landa Tabanan, Selasa (23/2). (BP/Istimewa)

TABANAN, BALIPOST.com – Angin kencang disertai hujan pada Selasa (23/2) dini hari atau sekitar pukul 00.30 WITA telah menyebabkan sejumlah pohon tumbang di wilayah kabupaten Tabanan. Bahkan, diantaranya ada yang sampai menimpa palinggih, rumah warga maupun kendaraan.

Dari data yang dihimpun, sejumlah kerusakan terjadi seperti di wilayah desa adat Abiantuwung, dahan pohon pole tumbang mengenai Palinggih berupa meru tumpang Pitu di Pura Kahyangan Puseh dan membuat posisi pelinggih sedikit miring. Kerusakan lainnya terjadi di kecamatan Marga, pohon rambutan setinggi 15 meter menimpa rumah milik Ni Made Suini di banjar Raden, desa baru kecamatan Marga, Tabanan.

Baca juga:  Pohon Timpa Truk di Perempatan Pantai Purnama

Korban (pemilik rumah) saat itu sedang tidur dan mendengar suara ada benda terjatuh lalu keluar rumah mencari tahu asal suara dan mendapati pohon rambutan di sebelah rumah terjatuh dan mengenai 2 buah rumah tempat tinggal, yang mengakibatkan satu rusak parah dan yang satu rusak ringan. “Beruntung tidak sampai ada korban jiwa, dan mereka melaporkan ke polsek Marga yang selanjutnya bersama petugas BPBD dan Perbekel dan perangkat desa serta masyarakat membersihkan pohon tersebut,” beber Kasubag Humas Polres Tabanan Iptu I Made Subagia, Selasa (23/2).

Baca juga:  Guratan Menyerupai Sisik Naga di Pura Dalem Padangan, Pupuan

Pohon tumbang menmpa rumah juga terjadi di banjar Pemenang, desa Banjar Anyar, kecamatan Kediri, Tabanan tepatnya rumah milik I Nyoman Suascaya, selain juga pohon Kresek dengan ukuran relatif besar tumbang mengenai jaringan listrik dan telpon, dan menutup akses jalan menuju Banjar Jadi Desa, Desa Banjar Anyar Kecamatan Kediri, Tabanan.

Sementara itu dari data BPBD Tabanan, pohon tumbang akibat hujan deras disertai angin kencang terjadi di lima titik. Diantaranya terjadi di Jalan Tukad Yeh Ho, Sanggulan Anyar menimpa atap rumah dan dua buah bangunan pelinggih milik I Putu Subakti Yasa, dan juga atap rumah milik Haji Warso.

Baca juga:  Dua Hari Dilanda Cuaca Ekstrem, Puluhan Bencana Terjadi di Badung

Bahkan mobil yang diparkir di pinggir jalan Tukad Yeh Ho yang diduga milik anggota polisi di Polsek Selbar juga tak luput dari pohon tumbang. “Data yang kami himpun ada lima titik kejadian akibat pohon tumbang pasca angin kencang Selasa dini hari, dan petugas juga sudah langsung melakukan evakuasi khususnya pada titik strategis atau sifatnya urgent untuk segera ditangani,” terang Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Tabanan I Putu Trisna Widiatmika. (Puspawati/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *