Aparat keamanan memantau situasi pilkel serentak yang digelar Bangli. (BP/Dokumen)

BANGLI, BALIPOST.com – Tigabelas desa di Kabupaten Bangli menggelar pemilihan perbekel (pilkel) secara serentak, Kamis (18/2). Dari tiga belas desa itu, satu diantaranya menyelenggarakan pilkel dengan cara musyawarah mufakat karena calon tunggal.

Sementara itu, berdasarkan hasil perolehan suara sementara, sejumlah calon incumbent tumbang. Adapun tigabelas desa yang melaksanakan pilkel ada di dua kecamatan yakni Kintamani dan Susut. Di Kecamatan Kintamani desa yang menggelar pilkel yakni Desa Bayung Cerik, Batur Utara, Batur Tengah, Kintamani, Manikliyu, Sekaan, Sukawana, Songan A, Songan B, Selulung dan Siakin. Sedangkan di Kecamatan Susut ada dua desa yakni Selat dan Pengiangan.

Berdasarkan data perolehan suara sementara yang disampaikan Camat Kintamani I Wayan Bona, di Desa Songan A, calon incumbent I Ketut Artawan menang mengalahkan dua calon lainnya dengan perolehan 1.708 suara. Di Desa Songan B, Pilkel dimenangkan I Ketut Sabtu dengan perolehan 2.573 suara mengalahkan calon incumbent Jero Lanang yang hanya mendapat 374 suara.

Baca juga:  Pilkel Serentak Saat Pandemi, Tanpa Masker Dilarang Masuk TPS

Di Desa Sekaan, calon I Wayan Muspa unggul dengan perolehan suara 693 mengalahkan incumbent I Putu Karyana. Di Desa Manikliyu, dari dua calon pendatang baru yang maju, yang memenangkan pilkel I Wayan Suastika dengan perolehan 817 suara.

Di Desa Kintamani pilkel dilaksanakan dengan musyawarah mufakat karena hanya ada satu calon yakni I Wayan Sutama. Jumlah warga yang setuju memilih Sutama sebanyak 3.513. Sedangkan yang tidak setuju 150 orang.

Baca juga:  Semburan Belerang di Danau Batur, Dua Ton Ikan Mati

Di Desa Siakin, Pilkel dimenangkan calon incumbent I Gede Disi dengan perolehan 605 suara. Di Desa Bayung Cerik calon incumbent I Wayan Kumpul kalah. Pilkel di Bayung Cerik dimenangkan I Nengah Mudayasa. Di Desa Sukawana, calon incumbent I Ketut Nonog juga kalah. Nonog hanya mendapat 702 suara sementara lawannya I Wayan Mister 2.663 suara.

Di Desa Selulung, pilkel dimenangkan incumbent I Putu Jaya Menala. Sedangkan di Desa Batur Utara, calon incumbent I Made Tasdinas kalah. Di Desa Batur Tengah, pilkel dimenangkan I Made Sasmika yang merupakan calon incumbent.

Baca juga:  Disela Forum Parlemen Dunia, Pimpinan DPR Lakukan Pertemuan Bilateral

Sementara itu, Camat Susut Nyoman Sedana menyebutkan hasil perolehan suara sementara pilkel di Desa Pengiangan. Pilkel di Pengiangan dimenangkan paslon I Ketut Gemuh dengan perolehan 1.295 suara. Sedangkan lawannya Sang Nyoman Dirgayusa hanya meraih 813 suara. Untuk pilkel di Desa Selat, Nyoman Sedana hingga sore kemarin belum bisa menyampaikan hasil perolehan suara sementara.

Namun demikian berdasarkan informasi yang dihimpun Bali Post, pilkel Desa Selat dimenangkan Made Weda dengan raihan 1.175 suara, mengalahkan Nyoman Kandra yang mendapat 1.043 suara. (Dayu Swasrina/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *