Anggota Polairud Polres Buleleng melaksanakan patroli untuk mencegah kecelakaan laut saat musim cuaca buruk yang mulai melanda perairan Bali Utara. (BP/Mud)

SINGARAJA, BALIPOST.com – Jajaran Polisi Air dan Udara (Polairud) Polres Buleleng meningkatkan patroli ke wilayah pesisir di Bali Utara. Menyusul musim cuaca buruk yang mulai melanda perairan Buleleng. Dari patroli ini, petugas mengingatkan agar nelayan waspada dengan potensi terjadi cuaca buruk yang memicu terjadinya kecelakaan di laut.

Kasat Polairud AKP Wayan Parta seizin Kapolres Buleleng AKBP Made Sinar Subawa, Kamis (4/2) mengatakan, berdasarkan informasi dari Badan Meterologi Klimatologi Geofisika (BMKG) potensi angin kencang akan melanda beberapa wilayah di Tanah Air. Dari informasi itu, kecepatan angin mencapai 31 knot atau setara dengan 57 kilometer per jam. Perkiraan potensi angin kencang ini puncaknya pada perayaan hari Tahun Baru Imlek mendatang.

Baca juga:  Sehari di Tengah Laut, Cenik yang Perahunya Terbalik Dihantam Gelombang Ditemukan

Sementara dari pantauan beberapa hari terakhir ketinggian gelombang di pesisir Buleleng di atas 1 meter. “Koordinasi dan arahan dari pimpinan memang potensi cuaca buruk akan terjadi, sehingga kami tingkatkan patroli laut untuk mencegah kecelakaan di laut,” katanya.

Menurut Parta, di Buleleng ada 5 lokasi Pos Polairud, yaitu di Tejakuka (Kecamatan Tejakula), Pusat Pendaratan Ikan (PPI) Sangsit (Kecamatan Sawan), Pos Anturan (Kecamatan Buleleng), Celukan Bawang, dan Pos Teluk Terima (Kecamatan Gerokgak). Pada pos tersebut juga dioperasikan kapal boot untuk melakukan patroli dan melakukan operasi pertolongan jika terjadi informasi terjadi kecelakaan di laut.

Baca juga:  BEC Hadir di Buluh Indah, Jangkau Lebih Banyak Konsumen

Anggota di masing-masing pos ini setiap hari diterjunkan melakukan patroli untuk memastikan kondisi perairan. Sasaran lainnya adalah, menemui para nelayan untuk mengedukasi dan menanamkan kewaspadaan menghadapi kemungkinan terjadi gelombang pasang. Para nelayan ini tetap diingatkan agar memastikan kembali kondisi laut dan memastikan kondisi perlengkapan pelayaran ketika akan melaut untuk menangkap ikan. Polisi juga tetap mengedukasi nelayan agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah penularan Covid-19.

Baca juga:  Dapat Dokter Spesialis, RSUD Buleleng Bentuk Instalasi Forensik

“Ada beberapa yang tidak melaut karena cuaca tidak menentu. Anggota sudah mengingatkan agar memastikan dengan baik cuaca sebelum melaut, dan pastikan melengkapi keselamatan seperti jaket pelampung,” jelasnya. (Mudiarta/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *