Petugas melakukan rapid antigen pada salah seorang warga. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, Kesehatan Komando Daerah Militer (Kesdam) IX/Udayana, Senin (1/2) mulai membuka kegiatan rapid antigen. Kegiatan tanpa dipungut biaya ini, digelar untuk memfasilitasi pengambilan sampel terutama bagi para lanjut usia (lansia).

Menurut keterangan Penanggung jawab laboratorium klinik RS Tingkat II Udayana, dr Herry Herlambang Sp.Pk., tujuan kegiatan rapit antigen gratis ini, untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Karena seperti diketahui, di Bali khususnya di Denpasar, angka kasus Covid-19 terus meningkat.

Baca juga:  Ribuan Warga Bangli akan Arak Ogoh-ogoh, Belasan Puskesmas Layani Rapid Antigen

Kegiatan ini kata dia, sebagai langkah untuk men-tracing masyarakat terutama bagi para lansia. “Kegiatan dilakukan dari Kesdam IX Udayana, dilakukan personel dari kesdam dan RS Udayana. Untuk sasarannya yakni para lansia,” katanya saat ditemui di sela kegiatan.

Rapid antigen bagi kalangan lansia ini kata dia merupakan kegiatan tahap pertama. Tidak menutup kemungkinan juga bagi mereka yang membutuhkan rapid antigen. “Kegiatan dimuali tanggal 1-5 Februari dari pukul 09.00-15.00 WITA. Ini sebagai tracing yang tujuan utama yakni untuk menekan penyebaran pandemi agar tidak lebih luas lagi,” ujarnya.

Baca juga:  Guide Asal Cina Diamankan Bawa Narkoba

Lokasinya di Kesdam Udayana dan Pasar Kreneng. Untuk di Pasar Kreneng, yang disasar adalah masyarakat yang berbelanja maupun pedagang di sana. “Di Pasar Kreneng, kita juga melibatkan tim dari kesehatan TNI AD. Ada sebanyak 5 personel yang dilibatkan,” sebutnya.

Rapid tes antigen ini, prosesnya 15 menitan langsung jadi. “Langsung hasilnya jadi, nanti langsung diserahkan. Kalu ada hasilnya positif, akan dilanjutkan dengan tes PCR,” bebernya. (Yudi Karnaedi/balipost)

Baca juga:  Digagalkan, Penyelundupan "Baby Lobster" Miliaran Rupiah
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *