Bupati Suwirta saat mengecek jalur rencana pelebaran menuju Pelabuhan Bias Munjul. (BP/Gik)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Guna mendukung keberadaan Pelabuhan Bias Munjul Ceningan, Nusa Penida, pemerintah daerah berencana melakukan pelebaran jalan sejauh 1,3 km. Pelebaran jalan sepanjang itu, dari pelabuhan menuju Jembatan Kuning, agar akses lalu lintas menjadi lebih lancar. Bupati Klungkung Nyoman Suwirta meminta warga yang tanahnya kena pelebaran jalan ini diminta untuk mendukung penuh, dengan merelakan tanah yang terkena pelebaran jalan.

Hal itu disampaikan Bupati Suwirta, saat melakukan sosialisasi kepada warga setempat, khususnya kepada para pemilik tanah di sekitar proyek pembangunan di SDN 2 Lembongan, Selasa (19/1) malam.

Baca juga:  HUT Puputan Klungkung dan Kota Semarapura, Serangkaian Lomba Digelar

Bupati Suwirta mengatakan pembangunan Pelabuhan Bias Munjul di Nusa Ceningan, harus didukung infrastruktur jalan yang memadai. Pemkab Klungkung berencana melakukan pelebaran jalan dari 3 meter menjadi 7 meter sepanjang 1,3 km dari Pelabuhan Bias Munjul ke Jembatan Kuning. Selain itu, juga rencana pembangunan Jalan Lingkar Pulau Ceningan sepanjang 3,5 km.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Suwirta meminta kepada warga merelakan lahannya yang terkena rencana pelebaran jalan tersebut. Apalagi kedepan pembangunan pelabuhan ini akan menghasilkan multiplier effect bagi masyarakat sekitar. Rencana pelebaran jalan ini tidak terlepas dari upaya mendukung infrastruktur akses menuju Pelabuhan Bias Munjul yang sedang dibangun.

Baca juga:  Hendak Latihan, Perangkat Gamelannya Raib Digondol Maling

“Ini juga terkait perencanaan jangka panjang kami terkait program transportasi listrik menjadikan pulau ini sebagai Green Energi,” ujar Bupati Suwirta, didampingi Kepala Baperlitbang A.A Gede Lesmana, Kadis PUPRPKP, I Made Jati Laksana, Kadis LHP, I Ketut Suadnyana, Kadis Pariwisata Klungkung, A.A Gede Putra Wedana, Camat Nusa Penida Komang Widiasa Putra.

Bupati Suwirta menyampaikan terimakasih kepada warga yang sudah memberikan dukungan dan merelakan tanahnya demi kepentingan bersama. “Kalau tidak didukung dengan Infrastruktur yang memadai Nusa Ceningan dan Lembongan tidak akan bertahan lama. Resto, villa-villa dan penginapan disini akan menjadi kenangan,” ucap Bupati Asal Nusa Ceningan ini.

Baca juga:  Desa Batumulapan Gelar Nyepi Segara

Warga setempat mendukung penuh adanya rencana ini. Ini akan menjadi awal perkembangan baru Pulau Ceningan yang sudah lama menunggu geliat pembangunan. (Bagiarta/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *