Pemedek tangkil di Pura Dalem Puri. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Suasana pelaksanaan puncak usaha Pura Dalem Puri Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem terlihat lengang dari pemedek, Senin (18/1). Suasana ini hampir sama dari hari-hari sebelumnya yang juga terlihat sepi dari pemedek di tengah dampak pandemi COVID-19.

Pemangku Pura Dalem Puri, I Gusti Mangku Suandi, mengatakan, kalau pemedek yang tangkil untuk melakukan persembahyangan pada puncak usaha relatif sama dengan hari-hari sebelumnya. Tidak ada peningkatan jumlah pemedek yang signifikan tangkil untuk melakukan persembahyangan.

Baca juga:  Buleleng Juga Kebanjiran Pengungsi Gunung Agung, Capai Lebih 5.000 Jiwa

“Pemedek yang sembahyang rata-rata jumlahnya sama seperti hari sebelumnya. Situasi masih lengang dari pemedek. Kakau tahun lalu pas puncaknya, bisa sampai membeludak desak-desakan sampai di luar areal pura,” katanya.

Ia mengatakan usaba bakal nyineb Selasa (19/1)”Upacara penyineban akan dilakukan pukul 16.00 WITA di Pura Merajan Slonding yang akan dipuput oleh pemangku,” Katanya.

Sementara itu, Kapolsek Rendang Kompol Made Sudartawan menambahkan, pada puncak usaba, untuk pengamanan di telah dilakukan di simpang-simpang jalan menuju lokasi upacara, kantung-kantung parkir dan pengalihan arus lalulintas untuk menghindari kemacetan dengan melibatkan puluhan personil.

Baca juga:  Usaba Pura Dalem Puri Besakih Dimulai 21 Januari

“Selama berlangsungnya upacara, masyarakat cukup taat untuk menerapkan imbauan yang sebelumnya digaungkan oleh Majelis Desa Adat (MDA) dan PHDI,” Jelas Kompol Sudartawan. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *