Tangkapan layar peta sebaran kasus COVID-19 di Bali. (BP/kmb)

DENPASAR, BALIPOST.com – Kenaikan kasus yang cukup tajam masih dialami Bali memasuki harinya yang keempat. Jumlah tambahan kasus COVID-19 pada Kamis (14/1) mencapai 298 orang sehingga kumulatifnya mencapai 20.553 orang.

Dilihat dari data Satgas Penanganan COVID-19 Bali, jenis penularannya ada tiga. Yaitu pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) sebanyak 1 orang sehingga kumulatif kasusnya 311 orang, pelaku perjalanan dalam negeri sebanyak 19 orang sehingga totalnya menjadi 396 orang, dan 278 kasus merupakan jenis transmisi lokal dengan total kasus 19.846 orang.

Sebaran kasus baru dilaporkan seluruh kabupaten/kota. Empat kabupaten/kota yang menjadi penyumbang terbanyak untuk hari ini seluruhnya merupakan zona merah. Rinciannya Badung sebagai penyumbang terbanyak dengan 93 kasus baru, Denpasar 84 kasus, Jembrana 40 kasus, dan Tabanan 39 kasus. Posisi kelima dipegang Karangasem dengan 12 kasus baru.

Baca juga:  Kedatangan Wisatawan Tiongkok dari Bandara Ngurah Rai Membaik

Empat kabupaten lainnya melaporkan kasus di bawah 10 orang. Yakni Buleleng 9 orang, Gianyar 7 orang, Klungkung 5 orang, dan Bangli 3 orang. Terdapat pula 5 orang dari kabupaten lain dan 1 WNA yang terkonfirmasi COVID-19.

Rekor Baru

Kasus sembuh masih dilaporkan, bahkan mencapai rekor baru. Terdapat 249 pasien COVID-19 dinyatakan sembuh pada hari ini. Sumbangkan pasien sembuh terbanyak berasal dari Denpasar dengan 94 orang. Badung ada di posisi kedua dengan 58 pasien sembuh. Jembrana di posisi ketiga dengan 35 pasien sembuh. Tabanan menempati posisi keempat dengan 30 tambahan pasien sembuh. Posisi kelima adalah Buleleng yang mencatatkan 10 pasien sembuh.

Baca juga:  Bali Pulau Kecil dan Terbatas SDM, Perlu Dikelola Baik Agar Berkelanjutan

Empat kabupaten lainnya melaporkan kasus sembuh di bawah 10 orang. RInciannya Gianyar 8 orang, Karangasem 6 orang, Bangli 4 orang, dan Klungkung 3 orang.

Terdapat pula 1 orang dari kabupaten lain dilaporkan sembuh.

Kasus Aktif

Untuk kasus aktif, terdapat tambahan 47 orang sehingga kumulatifnya mencapai 1.996 orang. Ada dua kabupaten/kota zona merah yang jumlah pasiennya di atas 500 orang, yaitu Denpasar di urutan pertama dengan 524 orang dan Badung di urutan kedua sebanyak 502 orang.

Baca juga:  Bali Merah Putih 2018, Perayaan 70 Tahun Bali Post Sebagai Pengemban Pengamal Pancasila

Urutan ketiga dipegang Tabanan dengan 273 orang. Posisi keempat adalah Gianyar yang masih menyisakan kasus sebanyak 238 orang. Posisi kelima adalah Jembrana sebanyak 180 orang.

Empat kabupaten lainnya melaporkan kasus puluhan orang. Posisi keenam dipegang Buleleng dengan 64 kasus aktif. Posisi ketujuh adalah Karangasem dengan 51 kasus aktif. Posisi kedelapan dengan 50 kasus dipegang Bangli. Posisi kesembilan adalah Klungkung yang masih memiliki 25 kasus aktif.

Sebanyak 79 warga dari kabupaten lainnya dan 10 WNA dinyatakan masih dirawat atau menjalani karantina karena terkonfirmasi COVID-19. (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *