Sebuah mobil tangki bermuatan BBM ringsek karena mengalami lakalantas, Senin (11/1). (BP/gik)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Kecelakaan lalulintas mengakibatkan kemacetan panjang di jalur Klungkung-Karangasem, persis di timur Pura Goa Lawah, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Senin (11/1). Kecelakaan melibatkan dua Mobil Tangki BBM, yang salah satunya masih bermuatan penuh.

Kedua kendaraan berukuran besar ini, sama-sama ringsek pada bagian depan. Kanit Laka Satlantas Polres Klungkung, Iptu I Gusti Mahendra, menyampaikan kecelakaan di wilayah Belatung, Pesinggahan ini membuat sejumlah Petugas Satlantas harus segera merapat ke lokasi.

Sebab, mobil tangki bermuatan bahan bakar minyak seperti itu, sangat rentan menimbulkan masalah lain. Beruntung bagian tangkinya masih utuh, sehingga tidak terjadi kebocoran.

Sebagaimana hasil olah TKP, Mahendra menjelaskan dua Mobil Tangki BBM ini datang dari berlawanan arah, sekitar pukul 09.30 WITA. Mobil tangki DK 9473 GW dari arah barat tanpa muatan. Sedangkan, dari arah timur DK 8515 AR penuh muatan.

Baca juga:  Tim Yustisi Akhirnya Tutup Usaha Cincau Tak Higienis

Tiba di TKP sopir mobil tangki dari arah barat kehilangan kendali. Mobil sempat oleng ke kiri, tetapi sopir melakukan banting stir ke kanan terlalu keras. Sehingga ke luar jalurnya dan menghantam keras mobil tangki penuh muatan yang datang dari arah timur.

“Ternyata dua mobil tangki ini, masih dalam satu pengelola, PT. Elnusa. Laka ini terjadi karena sopir dari arah barat lengah,” kata Mahendra, saat ditemui di lokasi.

Baca juga:  WN Turki Dideportasi

Ia enggan menyebut kalau sopirnya hilang kendali, karena mengantuk. Namun, hanya kurang hati-hati.

Guna mengurangi kemacetan di lokasi, mobil tangki dari arah barat langsung dievakuasi ke arah timur dari TKP, ditarik dengan menggunakan mobil pick up. Sementara mobil tangki dari arah timur, tidak bisa langsung dievakuasi. Terjadi kerusakan parah di bagian depan, yang membuat mobil ini tak bisa melaju. “Kami sudah arahkan agar tangkinya dikosongkan dulu. Bahan bakar minyak oper ke mobil tangki yang lain,” tegasnya.

Mahendra menambahkan, akibat kecelakaan ini salah satu sopir mengalami luka-luka. Sopir mobil tangki dari arah barat, I Ketut Suardana, asal Banjar Dinas Labuhan, Desa Antiga, Kecamatan Manggis, Karangasem, langsung dilarikan ke rumah sakit, karena mengalami luka serius akibat terjangan serpihan kaca depan mobil.

Baca juga:  Perampokan Money Changer, Pistol Perampok Sempat Meletus 2 Kali

Sedangkan satu sopirnya lagi dari arah timur I Komang Suardita, asal Banjar Jabon, Sampalan, Kecamatan Dawan, tidak mengalami luka. Namun, ia hanya nampak shock, akibat kecelakaan.

Saat ini, untuk mengatasi kemacetan petugas Satlantas Polres Klungkung bertugas mengatur lalu lintas, dengan menerapkan buka tutup pada kedua jalur. Sambil menunggu proses perbaikan mobil tangki dan oper muatan ke mobil tangki lain. Para pengguna jalan lainnya, diminta tetap berhati-hati saat berkendara di jalan raya, agar tidak menimbulkan kecelakaan serupa. (Bagiarta/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.