Kakorlantas Polri, Irjen. Pol. Drs. Istiono berada di Gedung Command Center Polda Bali. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Berbeda dari tahun sebelumnya, Bali saat perayaan Natal tak macet lagi. Padahal, libur Natal dan Tahun Baru identik dengan kemacetan parah di Bali.

Hal ini disampaikan Wakapolda Bali, Brigjen Pol. Drs. I Wayan Sunartha saat menerima kunjungan Kakorlantas Polri, Irjen. Pol. Drs. Istiono, didampingi Dirut PT. Jasa Raharja, Budi Rahardjo Slamet di Gedung Command Center, Minggu (27/12). “Sampai saat ini situasi Bali masih aman, sepi dan tidak ada macet. Mudah-mudahan pengamanan libur perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di Bali berjalan aman dan lancar,” ujarnya.

Baca juga:  Izin Akasaka Belum Dicabut, Penutupan Karena Permintaan Polda 

Menurut Brigjen Sunartha, Command Center ini sangat membantu pelaksanaan pengamanan event besar berskala nasional maupun internasional. Salah satunya adalah event IMF-World Bank tahun 2018 yang diselenggarakan di kawasan Nusa Dua, Bali.

Semua pergerakan rombongan tamu VIP dan VVIP yang menghadiri IMF-World Bank termonitor dan dikendalikan melalui Command Center. Command Center dimiliki Polda Bali terhubung dengan ribuan CCTV dan dilengkapi dengan mesin komputer beserta alat-alat pendukungnya sangat efektif digunakan untuk monitoring situasi kamtibmas.

Baca juga:  Komen Jerinx "Orang Tua Masih Bego" Dilaporkan, Ini Penjelasan Pengacaranya

Kakorlantas Irjen Istiono mengapresiasi Command Center Polda Bali tersebut. Jenderal lulusan Akpol 1987 memantau situasi keamanan di Pelabuhan Padangbai dan Pelabuhan Gilimanuk melalui ruang Command Center Polda Bali dalam rangka Operasi Lilin Agung 2020.

Ia menilai, peran dan fungsi Command Center ini sangat bagus karena sudah terhubung dengan tiga aplikasi, yaitu Salak Bali, Waze, dan NGT.System. “Command Center Polda Bali sangat luar biasa. Command Center ini patut dicontoh oleh polda lain. Ini bisa dijadikan standarisasi apabila ada polda yang ingin membuatnya,” ujar Irjen Istiono. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.