Petugas melakukan olah TKP pencurian pratima. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Di saat polisi disibukkan pengamanan TPS, pencuri memanfaatkan kesempatan itu. Maling menyatroni Pura Dalem Mas dan Pura Dalem Mayun, Banjar Sigaran, Abiansemal, Badung, Rabu (9/12).

Kapolsek Abiansemal Kompol I Made Suparta mengatakan, kasus ini diketahui pukul 10.30 Wita. Keterangan Jro Mangku Maksan Dalem Mayun, I Made Ariana (45), dia didatangi warga, Wayan Gribig (85) yang memberi tahu ada kejadian di Pura Dalem Mas.

Baca juga:  Pura Dalem Antosari Kemalingan, Sejumlah Pratima Raib

Gribig melihat kotak tempat penyimpanan pratima tergeletak di lantai areal pura dengan posisi terbungkus kain kuning. Kondisinya pintu kotak terbuka.

Jro Mangku Ariana langsung ke berangkat ke Pura Dalem Mayun. Setibanya di sana, dia melihat kondisi pelinggih pura utuh. Selanjutnya Ariana memberi tahu kejadian itu ke Jro Mangku I Nyoman Sandia (52).

Mereka mengecek tempat penyimpanan pratima dan ternyata hilang. kejadian tersebut kemudian dilaporkan ke Polsek Abiansemal. Anggota Polsek Abiansemal dan Polres Badung langsung melakukan olah TKP.

Baca juga:  Pura Prajapati Ubung Dibobol Maling

Hasil olah TKP diketahui yang hilang yakni pratima berbentuk kuda, satu don gender kuning, bunga emas, uang kepeng, gelang perak, sabuk perak dan anting-anting emas. “Untuk jumlah kerugiannya masih dihitung,” ujarnya.

Sebelumnya, kasus pencurian kembali terjadi di wilayah Badung, Selasa (8/12) yaitu Pura Penataran dan Pura Pasek Gelgel, Desa Adat Blakiuh, Kecamatan Abiansemal. Di Pura Penataran, pencuri mengambil pratima bentuk patung dan soca, empat prerai lapis emas dan satu buah cincin warna keemasan.

Baca juga:  Di-BKO Amankan Unjuk Rasa, Anggota Polres Badung Dikirim ke Jakarta

Sedangkan di Pura Kawitan Pasek Gelgel tidak ditemukan kehilangan barang maupun pratima, hanya pintu pelinggih Gedong dirusak dan isinya diacak-acak. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *