Sejumlah millenial menjajal DFSK Glory i-Auto. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Tiga tahun sudah DFSK menjadi pemain di pasar otomotif nasional. Selama tiga tahun itu, produsen kendaraan roda empat asal China ini makin menancapkan eksistensinya.

Berfokus pada kendaraan bertipe sport utility vehicle (SUV), DFSK melayani konsumen dengan menghadirkan solusi mobilitas yang dibutuhkan. Kehadirannya di Indonesia tidak hanya sekedar menjadi produsen kendaraan bermotor di Indonesia. Tapi juga turut aktif memberikan kontribusi langsung dalam membangun negeri melalui penyediaan mobilitas yang berkualitas dan berkesinambungan.

PT Sokonindo Automobile selaku pemegang merek DFSK di Indonesia menghadirkan kontribusi secara nyata melalui serangkaian pencapaian yang sudah dilakukan. Mulai dari pembangunan pabrik berbasis industri 4.0, menghadirkan beragam model kendaraan untuk berbagai keperluan, menghadirkan mitra penjualan yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia, dan berbagai aktivitas lainnya untuk mendukung mobilitas di Tanah Air.

Seluruh rangkaian pencapaian dan solusi dalam menghadirkan mobilitas yang berkelanjutan ini merupakan misi utama DFSK dalam melayani seluruh kebutuhan konsumen di Indonesia sebaik mungkin dengan sepenuh hati. “Tiga tahun eksistensi yang sudah sudah dicapai di Indonesia selama ini menjadi bukti komitmen kami dalam melayani kebutuhan mobilitas di Indonesia dengan yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan yang ada. Semua ini kami lakukan sesuai dengan motto yang menjadi nilai inti perusahaan DFSK, All for Customers, di mana kepuasan pelanggan adalah yang utama dan akan kami teruskan hingga di tahun-tahun berikutnya,” ungkap Managing Director PT Sokonindo Automobile, Franz Wang, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (26/11).

Ia mengutarakan perjalanan DFSK di Indonesia resmi dimulai sejak peresmian Pabrik DFSK di Kawasan Industri Modern Cikande, Serang, Banten pada 28 November 2017. DFSK membangun sebuah pabrik nan megah dan modern di atas lahan seluas 20 hektar, dengan kapasitas produksi bisa dimaksimalkan hingga 50.000 unit kendaraan setiap tahunnya.

DFSK menandai kehadirannya di segmen kendaraan penumpang dengan menghadirkan sejumlah model SUV, mulai dari DFSK Glory 580, DFSK Glory 560, dan DFSK Glory i-AUTO yang seluruhnya diproduksi di pabrik DFSK Indonesia. Seluruh kendaraan penumpang yang ditawarkan di Indonesia memiliki model Sport Utility Vehicle (SUV) untuk memenuhi berbagai kebutuhan konsumen Tanah Air karena DFSK merupakan SUV Expert.

DFSK menghadirkan Glory 560 di Bali. (BP/dok)

Pabrik DFSK memiliki fasilitas yang lengkap untuk mendukung proses produksi kendaraan yang canggih memanfaatkan teknologi robotik dari proses pencetakan, pengelasan, pengecatan, perakitan, hingga kontrol kualitas kendaraan yang dihasilkan. Komitmen membangun pondasi mobilitas yang kuat di Indonesia ditunjukkan DFSK lewat investasi yang digelontorkan mencapai USD150 juta untuk pembangunan pabrik itu.

Baca juga:  Masuki Era Baru, Ini Rencana Gubernur Koster untuk Pariwisata Bali

Pabrik DFSK ini kemudian diproyeksikan juga sebagai basis produksi untuk sejumlah negara di Asia. Termasuk produksi kendaraan bermotor berbasis listrik di masa depan. “Pabrik DFSK ini memainkan peranan penting bagi bisnis DFSK secara global, karena DFSK menjadikan Indonesia sebagai salah satu pusat produksi untuk memenuhi kebutuhan di dalam dan luar negeri. Pabrik ini juga siap untuk mengantisipasi berbagai perkembangan teknologi kendaraan bermotor di masa depan, salah satunya dengan memproduksi kendaraan listrik yang ramah lingkungan dan berkualitas tinggi sesuai dengan standar tinggi yang sudah ditentukan,” jelas Franz Wang.

Setelah itu, merek otomotif kenamaan asal China ini mulai menghadirkan sejumlah kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan serta karakteristik konsumen di Indonesia yang beraneka ragam. Di awali dari DFSK Super Cab sebagai kendaraan komersial ringan yang bisa diandalkan untuk mendukung berbagai jenis usaha. Bahkan, rancang bangun DFSK Super Cab memang diperuntukan bagi konsumen di Indonesia.

Di tahun ini, ungkap Franz, DFSK sudah meluncurkan satu lagi model kendaraan baru untuk pasar Indonesia yakni DFSK Gelora dengan model blind van. Kendaraan ini digunakan sebagai kendaraan komersial multifungsi dan bisa dimanfaatkan untuk mendukung berbagai jenis usaha dalam meningkatkan perekonomian di dalam negeri.

DFSK Bali memperkenalkan DFSK Gelora, Jumat (13/11). (BP/Istimewa)

Model-model kendaraan penumpang yang ditawarkan oleh DFSK ini memiliki jaminan kualitas garansi, hingga 7 tahun/150.000 kilometer (tergantung yang lebih mana dahulu dicapai) untuk sektor mesin, kelistrikan, transmisi, dan berbagai komponen lainnya. Konsumen bisa mendapatkan seluruh layanan purna jual secara lengkap dan mudah melalui 90 jaringan dealer resmi yang tersebar di berbagai kota-kota besar di Indonesia dengan standar pelayanan  3S (sales, service, spare part).

Kepedulian di Tengah Pandemi

Kontribusi yang diberikan oleh DFSK tidak hanya sebatas menghadirkan kendaraan-kendaraan dan dukungan layanan purna jual yang berkualitas yang mudah untuk dijangkau. Namun juga turut berpartisipasi aktif di tengah masyarakat di berbagai kesempatan.

Seperti di tengah kondisi pandemi yang terjadi ini, melalui DFSK Peduli, disalurkan bantuan berupa alat kesehatan. Mulai dari masker dan thermometer gun, untuk diberikan kepada sejumlah pihak di Serang.

Baca juga:  Tunjang Aktivitas Usaha, DFSK Hadirkan "Gelora"

Selain itu, DFSK juga menghadirkan inovasi kendaraan ambulans dengan mengambil basis dari berbagai model kendaraan yang ditawarkan DFSK di Indonesia. Pengembangan ambulans ini dilakukan sebagai respon dari permintaan konsumen yang membutuhkan kendaraan ambulans yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan sekarang ini.

DFSK kemudian menggandeng karoseri spesialis kendaraan ambulans, Ambulance Pintar Indonesia (API), yang sudah berpengalaman dalam pembuatan dan untuk memastikan kualitas dari ambulans yang ditawarkan kepada masyarakat.

Partisipasi aktif juga ditunjukan oleh DFSK untuk mengembangkan dunia modifikasi dan kreativitas masyarakat Indonesia dengan menghadirkan kompetisi modifikasi digital ‘Mods To Glory’. Melalui program ini, para modifikator ditantang untuk menghadirkan modifikasi untuk DFSK Glory i-AUTO sesuai dengan tema yang sudah ditentukan oleh panitia.

Kompetisi ‘Mods To Glory’ sampai saat ini sudah diselenggarakan sebanyak 3 periode. Kegiatan ini menuai antusias yang sangat tinggi dari masyarakat Indonesia karena sudah diikuti sebanyak 495 peserta.

“Seluruh pencapaian dan aktivitas yang dilakukan DFSK selama 3 tahun ke belakang ini menjadi komitmen kami dalam mengembangkan ekosistem masyarakat yang lebih baik, melalui kendaraan-kendaraan yang berkualitas tinggi namun terjangkau, hingga turut berpartisipasi aktif di tengah masyarakat Indonesia. DFSK terus akan berusaha memenuhi kebutuhan mobilitas konsumen di Indonesia dengan standar tinggi yang sudah kami tentukan di tahun-tahun berikutnya dengan mengusung semangat All for Customers,” pungkas Franz Wang.

Kehadiran di Bali

Dealer resmi DFSK, dilihat dari situs resminya, mencapai 91 outlet. Di Bali sendiri, ada 4 dealer DFSK yaitu di Denpasar, Tabanan, Gianyar, dan Singaraja.

Menurut Franz Wang, saat pembukaan dealer resmi di Bali pada pertengahan Januari 2019 silam, DFSK di Bali menghadirkan dua tipe yaitu SUV dan pick-up. Ia mengutarakan SUV buatan DFSK merupakan produk yang cukup handal.

Bahkan ia mengklaim DFSK selalu fokus untuk menjadi ahli dalam dunia SUV, serta secara konsisten melakukan penelitian tentang produk SUV dengan kualitas tinggi dan performa terbaik.

Dikatakan, di Indonesia produk SUV mulai menjadi idola. Ia meyakini bahwa Bali merupakan salah satu pasar yang penting bagi SUV DFSK Glory 580 mengingat Pulau Dewata merupakan salah satu ikonik wisata dunia. “Tentunya banyak masyarakat setempat atau wisatawan yang membutuhkan kendaraan yang stylish namun tetap fungsional untuk digunakan menikmati indahnya alam Bali,” ujarnya.

Baca juga:  DFSK Ikut Uji Solar B30

Untuk di Bali, dealer resmi dipegang PT Cahaya Surya Bali Inti Cemerlang yang merupakan anak perusahaan Cahaya Surya Bali Indah (CSBI). Direktur PT Cahaya Surya Bali Inti Cemerlang, Mulyadi, mengatakan pihaknya berkomitmen memberikan pelayanan terbaik.

“Dealer DFSK Bali siap memberikan kemudahan untuk kepemilikan kendaraan DFSK, menyediakan pengalaman layanan purna jual yang tidak akan terlupakan, hingga ketersediaan suku cadang original yang berkualitas,” ujarnya.

Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati mencoba mengendarai salah satu produk DFSK, Sabtu (19/1). (BP/dokumen DFSK)

Dijelaskan DFSK adalah sebuah brand internasional yang sudah tersebar di berbagai negara dengan jutaan konsumen di seluruh dunia. Brand ini memiliki fokus utama di kendaraan model SUV dan kini juga menyediakan kendaraan niaga lewat kehadiran Gelora. “Bermodalkan semangat ‘All For Customer’ untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen, kami yakin dan optimis ini akan menjadi langkah kerjasama yang tepat dan menguntungkan bagi semua pihak,” papar Mulyadi.

Dealer DFSK berlokasi di salah satu jantung kota Denpasar, yakni Jalan Imam Bonjol No 126, dengan luas bangunan 400 m2. Demi memberikan pelayanan terbaik yang tidak akan terlupakan, fasilitas 3S (Sales, Service, Spare Part) siap memenuhi segala kebutuhan masyarakat Bali akan kendaraan DFSK.

Bangunan setinggi 3 lantai ini juga dilengkapi dengan ruang tunggu yang nyaman, area bermain anak-anak, 2 stall service dan two post-lift, gudang suku cadang seluas 100 m2. Serta didukung oleh karyawan dan teknisi yang terampil dengan sertifikasi standar pelayanan DFSK.

“Kami melihat potensi pasar di Bali untuk segmen SUV cukup menjanjikan. Kehadiran DFSK Glory 580 tentunya akan semakin memberikan banyak pilihan yang mumpuni bagi konsumen di Bali. Untuk itu kami mulai beroperasi pada Bulan Januari 2019 ini dengan layanan penjualan, purna jual dan penjualan suku cadang,” tambah Mulyadi.

Sementara itu, terkait mobil niaga, Supervisor DFSK PT Cahaya Surya Bali Inti Cemerlang, Imron Fausi mengatakan DFSK mengeluarkan mobil niaga karena tuntutan di masa pandemi ini. “DFSK mengeluarkan produk fokusnya di mobil niaga. Salah satunya Gelora yang terdapat dua tipe, yaitu Blind Van dan Minibus,” kata Imron Fausi.

Untuk Gelora Minibus, berkapasitas 11 penumpang dengan tiga baris tempat duduk yang lapang, difokuskan untuk pariwisata di Bali. Ia mengaku optimis kedua tipe Gelora ini bisa diterima masyarakat Bali. (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *