Presiden Donald Trump. (BP/AFP)

WASHINGTON, BALIPOST.com – Presiden AS Donald Trump mengatakan pada Jumat (13/11), bahwa dirinya mengharapkan vaksin virus corona tersedia untuk seluruh penduduk pada April. Pernyataan Trump ini, dikutip dari Kantor Berita Antara, terlontar di tengah himpitan infeksi baru penyakit mematikan yang telah mendorong jumlah kasus harian ke rekor tertinggi.

Dalam sambutan publik pertamanya setelah kekalahannya dalam Pilpres, Trump juga mengatakan dia mengharapkan otorisasi penggunaan darurat untuk vaksin Pfizer “segera.”

Baca juga:  Vaksin COVID-19 Kembali Tiba di Bali, Khusus untuk Ini

Pfizer mengatakan akan melaporkan data keamanan yang diperlukan pekan depan dan kemudian dapat mengajukan permohonan otorisasi penggunaan darurat. Pernyataan itu muncul setelah Trump menerima pembaruan tentang ‘Operation Warp Speed,’ upaya pemerintah untuk mempercepat pengembangan vaksin.

Kritik terhadap tanggapan pemerintah terhadap virus, yang telah menewaskan lebih dari 235.000 orang Amerika, menjadi seruan bagi Demokrat menjelang pemilihan umum 3 November.

Jaringan di AS telah menyatakan Biden sebagai pemenang pemilihan presiden, tetapi Trump, yang menolak untuk menyerah, telah meluncurkan serangkaian tantangan hukum berdasarkan klaim penipuan yang tidak berdasar.

Baca juga:  Kematian COVID-19 di Bali Meningkat, MDA dan PHDI Keluarkan SE Pembatasan Upacara Panca Yadnya

“Idealnya, kami tidak akan melakukan karantina wilayah. Saya tidak akan pergi, administrasi ini tidak akan melakukan lockdown,” katanya dalam pidato di Rose Garden. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *