Sejumlah menteri menghadiri peresmian Tech Center secara virtual yang didedikasikan untuk pengembangan UMKM nasional. (BP/Istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) makin mendapat perhatian. Baik dari pemerintah maupun swasta.

Salah satu upayanya adalah agar UMKM makin melek teknologi seperti yang dilakukan Grab. Pada Selasa (10/10), diresmikan Tech Center yang juga akan menjadi pusat inovasi kawasan Asia Tenggara.

Hal ini pun disambut positif sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju yang hadir dalam peresmian itu. Diantaranya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, dan Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro.

Hadir pula, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia, Thomas Lembong. Selain para menteri, Ilham Habibie selaku perwakilan keluarga Presiden Republik Indonesia ketiga, Alm. Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie, juga turut meresmikan BJ Habibie Hall yang berlokasi di Grab Tech Center.

Menteri Luhut Pandjaitan, dalam rilis yang diterima menyambut baik dibukanya Grab Tech Center. Para investor seperti Grab, dinilainya berkomitmen jangka panjang bagi perkembangan Indonesia memainkan peran penting dalam membantu mewujudkan misi ‘Making Indonesia 4.0’.

Baca juga:  Minimalisir Risiko Penularan COVID-19, Fitur Kebersihan dan Keamanan Transportasi Ditingkatkan

“Untuk menjadikan Indonesia sebagai negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara, kami membutuhkan dukungan dari mitra-mitra seperti Grab yang berkomitmen tidak hanya dari segi permodalan, tetapi juga sumber daya untuk mendorong pengembangan talenta dan infrastruktur digital di tanah air,” ungkapnya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto menyebutkan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, pihaknya ingin memberi penghormatan kepada para UMKM. “UMKM memegang kunci pemulihan ekonomi Indonesia. Oleh karena itu, mendorong digitalisasi lebih banyak lagi UMKM merupakan hal yang harus segera dilakukan,” sebutnya.

Grab telah menjadi mitra strategis bagi pemerintah Indonesia yang secara konsisten membantu mendorong agenda transformasi digital melalui program-program seperti #TerusUsaha. “Membekali UMKM dengan solusi teknologi yang tepat untuk menavigasi dinamika bisnis online sangatlah penting, dan saya sangat mengapresiasi Grab yang telah mendirikan Pusat Teknologi di Indonesia yang ditujukan untuk menjawab beragam kebutuhan para UMKM,” ujarnya.

Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia, menyebutkan Tech Center ini akan didedikasikan untuk mengembangkan berbagai solusi teknologi untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Asia Tenggara. Sebagai pusat inovasi regional Grab untuk para UMKM, Tech Center akan difokuskan untuk meriset, merancang, dan menguji coba berbagai perangkat dan teknologi yang ditujukan bagi para UMKM di Indonesia, yang kemudian akan diekspor ke pasar berkembang lainnya di Asia Tenggara.

Baca juga:  Sindikat Perdagangan Orang Berupaya Lemahkan Satgas TPPO

Indonesia menjadi rumah bagi lebih dari 64 juta UMKM di mana baru 16% diantaranya yang telah terdigitalisasi. Inilah alasan Indonesia menjadi pasar ideal bagi Grab untuk menguji coba beragam solusi teknologi yang bertujuan untuk mempermudah bisnis terkecil sekalipun dalam memanfaatkan teknologi untuk bertransformasi ke online dan sukses dalam era digital.

Salah satu contoh solusi UMKM yang diciptakan di Indonesia adalah fitur aplikasi GrabMerchant yaitu Self-Onboarding atau Pendaftaran Mandiri yang memungkinkan bagi pengusaha makanan untuk mendaftarkan diri dan menjalankan bisnisnya di Grab hanya dalam waktu 24 jam. Dibuat oleh tim Grab Indonesia, fitur ini berhasil mempercepat upaya Grab untuk mendigitalisasi lebih banyak para pelaku UMKM selama masa pandemi.

Baca juga:  PDIP Tunggu Etika Politik Gibran

Antara Mei dan September, lebih dari 70.000 merchant di Indonesia telah bergabung dengan Grab melalui fitur Pendaftaran Mandiri ini. Grab berencana untuk meluncurkan fitur ini di pasar-pasar lain di kawasan Asia Tenggara. “Grab memiliki komitmen jangka panjang dan berkelanjutan di Indonesia, rumah bagi Dual Headquarter kami. Grab Tech Center ditujukan untuk meningkatkan kapabilitas teknologi kami di Indonesia dalam rangka membangun berbagai solusi yang dibutuhkan masyarakat Indonesia, namun tak terbatas pada itu saja. Kami juga ingin berkontribusi dalam mengembangkan potensi teknologi Indonesia, dan berharap dapat memboyong teknologi ‘Buatan Indonesia’ ke seluruh Asia Tenggara,” ujarnya.

Neneng Goenadi, Managing Director of Grab Indonesia, menjelaskan pemulihan ekonomi Indonesia akan bergantung pada UMKM. “Jika kita dapat meningkatkan ketangguhan mereka, kita dapat mencegah terjadinya pengurangan tenaga kerja yang lebih besar dan membantu membangkitkan kembali ekonomi negeri. Banyak solusi teknologi B2B yang dirancang untuk perusahaan-perusahaan yang lebih besar, namun masih sedikit yang mengembangkan produknya dengan memperhitungkan kebutuhan UMKM yang mungkin tidak memiliki dana, waktu, atau pengetahuan untuk menggunakan produk-produk tersebut,” paparnya. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *