Tim basket putri PON Bali. (BP/Ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Tim basket PON Bali meloloskan putra dan putri di nomor five on five, plus tim putri di nomor three on three. Skuad tim basket PON Bali dinilai paling berkualitas, sehingga diminta untuk merebut medali di ajang PON Papua 2021. Selama ini, prestasi terbaik tim basket putra Bali menyumbang medali perunggu, pada PON XV/2000 di Surabaya.

Ketua Umum Pengprov Perbasi IGN. Oka Darmawan, di Denpasar, Selasa (10/11) mengakui, prestasi basket diminta mengukir prestasi gemilang. Dasar pertimbangannya, materi pebasket putri sukses membawa tim Merpati Bali menduduki peringkat teratas, pada kompetisi bola basket Piala Srikandi.

Baca juga:  Tingkatkan Kinerja, Giri Prasta Minta ASN Badung Buat Pohon Kinerja

Sedangkan, di sektor putra tim basket PON juga memiliki kualitas mumpuni. Hal itu terbukti beberapa kali, pebasket putra Bali dipanggil mengikuti Seleknas. “Kami tidak membedakan materi terbaik putra dan putri, baik di nomor five on five maupun three on three. Kami hanya meminta supaya sukses mengukir prestasi gemilang, pada PON di Bumi Cendrawasih,” pesan Oka Darmawan.

Dijelaskannya, meskipun suasana pandemi covid-19, tim basket PON putra dan putri tetap berlatih. “Kami harapkan wabah virus corona segera berakhir, hingga latihan dan turnamen bisa digelar kembali,” ucap dia. Yang membanggakan, kabarnya kompetisi bola basket profesional putra IBL akan digulirkan pada 2021. “Kami juga ingin kejuaraan dan turnamen tahun depan bisa normal kembali,” harapnya.

Baca juga:  Pelatda PON Berubah Jangka Panjang

Apalagi, perebutan tiket lolos PON pada cabor basket tergolong ketat. Bahkan, tim yang tampil hanya 10 provinsi. “Saya kira jumlah kontestan yang ramping ini, bisa dimanfaatkan pebasket, pelatih, maupun manajer, untuk bisa meraih prestasi maksimal dan melebihi prestasi yang direbut pada PON di Surabaya 2000,” sebut Sekum KONI Bali ini.

KONI Bali, kata dia, rencananya akan menggulirkan tes fisik tahap kedua. Tujuannya, untuk mengukur fisik dan stamina, berikut tingkat kebugaran atlet PON selama berlatih saat pandemi covid-19. “Dalam waktu dekat ini, kami akan mengadakan tes fisik,” terang dia. (Daniel Fajry/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.