Arimbawa

AMLAPURA, BALIPOST.com – Badan Pengkajian serta Penerapan Teknologi (BPPT) berencana memasang alat sensor peringatan dini tsunami (InaTEWS). Lokasinya ada di Pantai Kusambi, Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Karangasem.

Kepala pelaksana BPBD Karangasem, IB Ketut Arimbawa, Senin (9/11) mengatakan, BPPT sebelumnya telah melakukan survei di Pantai Kusambi tempat akan dipasangnya alat pendeteksi dini tsunami tersebut. Terdapat dua titik koordinat yang dianggap cocok dipasang peralatan peringatan dini tsunami.

Baca juga:  Jenazah Camat Baturiti Diupacarai Minggu

Pertama dititik koordinat 8°23’24.3″S 115°42’40.9″E di lahan milik pribadi yang dijadikan area Pura Segara sesuai perarem keputusan dari adat. Dan yang kedua titik koordinat 8.393584,115.710343. Lahan ini merupakan asset dari Pemerintah daerah Karangasem.

“Rencananya BPPT akan memasang dua alat pendeteksi dini tsunami di Pantai Kusambi. Pantai Kusambi dipilih sebagai lokasi pemasangan alat itu karena ada patahan sesar, rawan terjadi gempa bawah laut, serta berpotensi mengalami tsunami. Alat dipasang di darat dan tengah laut,” ucap Arimbawa.

Baca juga:  Mayat Orok Tergeletak di Pantai

Menurut Arimbawa, dipilihnya lokasi itu untuk penempatan alat ini, selain karena rawan terjadinya tsunami juga banyak pemukiman warga ada di dekat pantai. Diharapkan, pemasangan alat ini bisa berjalan lancar nantinya. “Kita juga berharap ada bantuan alat serupa untuk pemasangan di pesisir pantai lainnya, yakni Pesisir Pantai Candidasa, Jasri, Seraya, Purwakerti, dan Buitan, serta Pesisir Pantai di Kecamatan Manggis,” harapnya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.