Rektor UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si membuka studium general program doktor ilmu agama, Rabu (14/10). (BP/eka)

DENPASAR, BALIPOST.com – Program Doktor Ilmu Agama Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar atau Universitas Hindu Negeri (UHN) I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar menggelar Studium General di Pascasarjana IHDN Denpasar, Rabu (14/10). Studium General yang diselenggarakan secara offline dan online ini mengangkat tema ‘’Moderasi Beragama’’.

Moderasi beragama merupakan hal penting dan menjadi jalan tengah bagi pemeluk agama dalam menjalankan ajaran agamanya. Menurut Rektor UHN Denpasar Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si., moderasi beragama ini untuk membentuk pola pikir, sikap dan prilaku bagi pemeluk agama agar memahami perbedaan itu bukan suatu hal yang harus diperangi.

Baca juga:  Penmaru FKIK Unwar 2020 Meningkat 17,9 Persen

Moderasi beragama adalah jalan tengah untuk pemeluk agama. “Intinya moderasi agama ini sebenarnya mengandung ajaran kasih sayang, sehingga bersifat lentur dalam berprilaku, berpola pikir dan bersikap dalam kehidupan beragama,” terangnya.

Prof. Sudiana melanjutkan, itu sangat cocok diterapkan di Indonesia, karena bangsa ini terdiri atas enam agama, berbagai suku bangsa dan banyak pulau. Oleh karena itu, jika moderasi beragama bisa terus-menerus dikaji dan disosialisasikan kepada seluruh umat bergama, maka kehidupan rukun, damai dan toleransi antarsesama pemeluk agama akan terjadi. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.