Mappilu PWI menggelar webinar terkait Pilkada Serentak di tengah pandemi COVID-19. (BP/Istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak bisa menjatuhkan sanksi diskualifikasi jika peserta Pilkada Serentak 2020 melanggar ketentuan pilkada masa pandemi Virus Corona (COVID-19). “Secara undang-undang, kami tidak bisa menjatuhkan diskualifikasi,” kata anggota KPU I Dewa Raka Sandi, dalam webinar yang berlangsung Kamis (1/10).

Ia mengatakan sanksi yang dijatuhkan kepada peserta harus mengacu pada undang-undang yang berlaku. Dalam webinar yang diselanggarakan Masyarakat dan Pers Pemantau Pemilu Persatuan Wartawan Indonesia (Mappilu PWI), Raka Sandi mengatakan KPU telah mengeluarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) terbaru, yakni PKPU No 13 tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas PKPU No 6 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati, Dan/Atau Wali Kota Dan Wakil Wali Kota Serentak Lanjutan Dalam Kondisi Bencana Non-alam Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Baca juga:  Dari Remaja Diduga Digilir Dua Buruh hingga KEK Sanur Disetujui

Dalam PKPU itu telah diatur ketentuan terbaru terkait penyelenggaraan masa COVID-19, terutama terkait kampanye. Khususnya berkaitan dengan kampanye  tata muka, dan sanksi kepada para pihak, terutama peringatan tertulis dan sanksi administratif.

“Tetapi memang bukan diskualifikasi peserta karena secara undang-undang kita tidak bisa memberikan sanksi demikian,” ujar Dewa Raka dalam rilis yang diterima.

Sanksi-sanksi itu diatur dalam Pasal 88 PKPU NO 13 tahun 2020. Pasal 88B sanksi berupa peringatan tertulis oleh Bawaslu apabila kontestan melanggara iring-iringan kampanye.

Baca juga:  Dari Puteri Bali Jadi Puteri Indonesia hingga Balita di Songan Tewas

Bila mengulangi kesalahan maka KPU bisa memberikan sanksi administrasi. Pasal 88D PKPU NO 13 tahun 2020 sanksi kampanye terbuka antara lain peringatan tertulis, penghentian/pembubaran kegiatan kampanye, dan larangan melakukan kampanye yang melanggar tersebut.

Dewa Raka mengakui, di lapangan kemungkinan terjadinya pelanggaran bisa saja terjadi. Apalagi salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia adalah kumpul bersama-sama.

Sementara itu, Ketua Mappilu PWI Suprapto Sastro Atmojo mengatakan, tema webinar adalah Pilkada Sehat dan Berbudaya. “Sehat dalam pengertian menjalankan protokol kesehatan juga sehat dalam pengertian sosial politik. Artinya para penyelenggara, peserta dan juga pemilih, tidak melakukan praktik KKN, profesional, dan tentunya tetap mengedepankan budaya Indonesia,” ujar Suprapto.

Baca juga:  Kampanye Dianjurkan Lewat Daring

Sementara itu, Ketua Umum PWI Atal S Depari mengatakan, Mappilu PWI adalah organisasi yang dibentuk PWI agar bisa mengawal proses demokratisasi secara langsung. Selain melakukan pengawasan dan pemantauan di lapangan, Mappilu PWI juga akan terus melakukan sosialisasi dan pendidikan kepada masyarakat, dan khususnya para wartawan anggota Mappilu PWI. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *