Pakar Komunikasi, Dr. Aqua Dwipayana berada di Undiksha untuk memotivasi mahasiswa baru. (BP/Istimewa)

SINGARAJA, BALIPOST.com – Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana “membayar hutangnya” ke Rektor Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Bali Prof I Nyoman Jampel. Pada Jumat siang (11/9) mendadak Aqua datang ke kampus itu di Jalan Udayana No 11 Singaraja.

Minggu (6/9), Sekretaris Pimpinan Rektor Undiksha, Arief Billah kontak Dr Aqua lewat WA. Menyampaikan undangan sharing Komunikasi dan Motivasi kepada Dr Aqua. Pesertanya mahasiswa baru Undiksha.

Dr Aqua sangat tertarik dengan undangan itu dan berminat sekali untuk hadir. Cuma dengan terpaksa tidak dapat memenuhinya karena pada waktu yang bersamaan sudah ada agenda sharing Komunikasi dan Motivasi di Polres Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat yang telah lama direncanakan.

Dengan permohonan maaf Dr Aqua menyampaikan ke Arief tidak dapat memenuhi undangan itu.

Tidak lama kemudian Prof Jampel telepon membicarakan hal serupa. “Saya minta maaf ke Pak Aqua karena undangannya mendadak. Semoga lain waktu bapak berkenan mengagendakannya di Undiksha,” harap Prof Jampel.

Merespons itu Dr Aqua mengatakan “punya hutang” ke Prof Jampel dan berjanji untuk segera hadir di Undiksha begitu ada waktu luang. Jumat, motivator ulung itu “membayar hutangnya”.

Baca juga:  Lakalantas, Pensiunan PNS Tewas

Di sela-sela jadwalnya yang padat, Dr Aqua menyempatkan waktu ke Bali. Sekitar 2 jam di Undiksha yang sebagian waktunya dipakai untuk Webinar dengan sekitar 3.100 mahasiswa baru.

Saat melihat Dr Aqua tiba di kantornya, Prof Jampel gembira sekali. Langsung “menodong” anggota Dewan Pakar Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia itu untuk melaksanakan sharing Komunikasi dan Motivasi dengan seluruh mahasiswa baru.

“Pak Aqua, selamat datang di Undiksha. Suatu kehormatan buat kami dengan kedatangan bapak ke sini yang dilaksanakan saat agenda bapak sangat padat untuk sharing Komunikasi dan Motivasi di berbagai kota di Indonesia. Saat ini sedang berlangsung Pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru tahun akademik 2020/2021 di Undiksha lewat Webinar. Saya minta bapak berkenan memotivasi mereka meski hanya sebentar,” pinta Prof Jampel.

Tanpa pikir panjang, Dr Aqua langsung menyatakan bersedia sharing Komunikasi dan Motivasi dengan seluruh mahasiswa baru Undiksha. Kemudian Prof Jampel meminta rektor Wakil Rektor 3 Prof I Wayan Suastra dan Arief Billah untuk segera mempersiapkan laptopnya.

Baca juga:  Stok Permakanan Pengungsi di Buleleng Makin Terbatas

Tidak sampai 10 menit semuanya siap. Prof Jampel memberikan pengantar.

“Siang ini kita dapat rejeki. Pakar Komunikasi dan motivator ulung bapak Dr Aqua Dwipayana tiba-tiba datang ke sini. Beliau langsung menyatakan bersedia saat saya minta untuk sharing Komunikasi dan Motivasi. Mari kita simak dengan serius karena ini kesempatan yang langka,” ungkap Jampel.

Mengawali sharing Komunikasi dan Motivasinya, Dr Aqua menyampaikan ucapan selamat kepada semua mahasiswa baru yang telah mengalahkan saingan mereka masuk ke Undiksha. Tahun ini yang mendaftar sekitar 10 ribu orang. Hanya 30 persennya yang diterima.

“Syukurilah semua itu. Selamat karena para Ganesha muda (sebutan untuk mahasiswa baru-red) adalah orang-orang terbaik yang mengalahkan seluruh saingannya. Tidak gampang masuk Undiksha. Butuh perjuangan dan pengorbanan,” ungkap Dr Aqua.

Wujud dari rasa syukur itu, lanjut penulis buku “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi” adalah dengan optimal memanfaatkan waktu selama kuliah. Jangan pernah sekalipun menyia-nyiakan waktu.

Dr Aqua menyampaikan berbagai tips agar sukses kuliah di Undiksha. Selain itu menekankan agar semua mahasiswa menghormati seluruh dosen dan tenaga kependidikan. Hal itu diyakini membuat kuliah mereka lancar.

Baca juga:  Kebakaran di Kampus Undiksha, 3 Unit Damkar Dikerahkan

Salah satu tipsnya agar aktif di organisasi kampus sampai semester 4 atau tingkat 2. Setelah itu mulai magang di berbagai perusahaan dan institusi sesuai program studi yang diambil.

Magang itu buat setiap mahasiswa, menurut Dr Aqua, sangat penting sebagai modal untuk mencari kerja setelah tamat kuliah. Untuk itu jangan lupa minta sertifikat atau surat bukti pernah magang.

“Semua perusahaan di dunia baik yang kecil, menengah, maupun besar setiap merekrut karyawan selalu ada tes wawancara. Saat tahapan ini pasti ada pertanyaan pengalaman magang selama kuliah. Jika tidak memiliki itu kemungkinan diterimanya kecil. Pewawancara lebih tertarik menerima calon pegawai yang aktif saat kuliah,” ujar Dr Aqua.

Saat sesi tanya-jawab para mahasiswa baru itu antusias sekali. Banyak yang bertanya. Waktunya yang terbatas sehingga hanya beberapa orang saya yang mendapat kesempatan mengajukan pertanyaan.

Penanya lainnya dipersilakan langsung bertanya lewat WA ke Dr Aqua. Banyak yang mengajukan pertanyaan lewat media sosial itu. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.