Ilustrasi. (BP/tomik)

GIANYAR, BALIPOST.com – Penyebaran COVID- 19 di Kabupaten Gianyar semakin meluas, khususnya yang menyerang tenaga kesehatan (nakes). Akibatnya sejumlah pelayanan kesehatan pun harus ditutup.

Terakhir pemerintah menutup sementara pelayanan Puskesmas Tegallalang 2 dan Tampaksiring 2. Akibat kondisi ini masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan dihimbau mencari puskesmas lain atau rumah sakit swasta yang masih beroperasi.

Kadiskes Gianyar Ida Ayu Cahyani dikonfirmasi Jumat (4/9), membenarkan dilakukan penutupan terhadap pelayanan di Puskesmas Tampaksiring 2. Dikatakan, seorang nakes di puskesmas tersebut sudah positif hingga dilakukan penutupan terhitung mulai Kamis (3/9). “Saya sudah cek ke puskesmas itu, karena melihat situasi dan meminimalisir penyebaran maka kami memutuskan melakukan penutupan,“ katanya.

Baca juga:  Diskes Pantau Kesehatan Jemaah Haji 

Dikatakan, Puskesmas Tampaksiring 2 yang berlokasi di Desa Pejeng itu akan ditutup hingga Senin (7/9) dan kembali beroperasi keesokan harinya. Sementara masyarakat yang membutuhkan pelayanan dihimbau untuk datang ke puskesmas lain yang masih beroperasi atau rumah sakit swasta. “Karena kita pikir juga Puskesmas Tampaksiring II ini kan dekat dengan Gianyar, jadi warga yang membutuhkan pelayanan kesehatan bisa ke Gianyar untuk sementara waktu,“ katanya.

Sementara Sekda Gianyar I Made Gede Wisnu Wijaya membenarkan adanya penutupan Puskesmas 2 Tegallalang. Dikatakan yang positif di puskesmas tersebut merupakan staf bagian laboratorium. “Karena ruang labotarium Puskesmas 2 Tegallalang menyatu dengan poliklinik dan UGD juga dalam satu gedung, maka puskesmas tutup sampai besok sabtu, “ katanya.

Baca juga:  Lagi, Wisman Tewas di Nusa Penida

Dikatakan selama penutupan ini dilakukan sterilisasi hingga Sabtu hari ini. Termasuk juga menunggu hasil swab untuk nakes lain di puskesmas tersebut. “Jadi selama tutup kita melakukan seterillisasi ruangan, senin sudah mulai buka seperti biasa,“ ucapnya.

Sebelumnya Pemda Gianyar sudah sempat menutup Puskesmas Sukawati, Gianyar, dan Tampaksiring, lantaran sejumlah nakes positif Covid – 19. Sekda Gianyar mengungkapkan hingga kini untuk nakes di Puskesmas Gianyar 1 ada 9 orang yang terpapar Covid -19. “ Untuk Puskesmas Gianyar yang awalnya satu menjadi 9 orang terpapar, “ ucapnya.

Baca juga:  KPU Badung Kurangi Jumlah TPS

Sementara untuk Puskesmas Tampaksiring, awalnya hanya kepala puskesmas yang diketahui positif Covid -19, namun setelah dilakukan stressing akhirnya diketahui ada tambahan yang positif, sehingga kini total ada 6 yang positif Covid-19 berdasarkan swab tes. “Tampaksiring, sekarang jadi 6 orang. hari ini tampaksiring saja buka dengan dua sift, untuk menjaga stamina petugas yang negatif Covid-19, “ katanya. (Manik Astajaya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.