Bupati Badung, Giri Prasta dan Wabup Suiasa berada di rumjab Bupati saat pujawali. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Bertepatan dengan Purnamaning Sasih Ketiga, Rahina Buda Umanis Wuku Julungwangi, Rabu (2/9), Pemkab Badung melaksanakan Pujawali Ngenteg Linggih Alit di Padmasana Rumah Jabatan Bupati Badung. Pujawali juga dihadiri oleh Bupati Badung Nyoman Giri Prasta beserta istri, Wabup Suiasa beserta istri, Ketua DPRD Badung Putu Parwata, Wakil Ketua DPRD Made Sunarta, Sekda Adi Arnawa beserta istri serta pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Badung.

Rangkaian pujawali dimulai pukul 09.00 WITA, diawali dengan prosesi melis ring Parahyangan, dan areal Rumah Jabatan Bupati. Dilanjutkan dengan prosesi ngayab Upakara Pujawali Piodalan ring soang-soang Pelinggih, kemudian menjelang pukul 10.00 dilakukan persembahyangan bersama yang diawali dengan ngayab prayascita sebelum pelaksanaan kramaning sembah.

Baca juga:  Penanggulangan Sampah di Badung, Muncul Dua Opsi Ini

Kepala Dinas Kebudayaan Badung Gede Eka Sudarwitha mengatakan Pujawali yang dipuput oleh Ida Pedanda Grya Megelung Sangeh tersebut, menggunakan sarana upacara banten Bebangkit medasar caru manca sata, serta diiringi Pesantian dan tetabuhan selonding. Digelarnya Pujawali Ngenteg Linggih Alit yang bertepatam dengan Purnama Ketiga ini juga berkenaan dengan ngingsir tegak pujawali di Padmasana Rumah Jabatan Bupati Badung.

Sementara itu seusai persembahyangan Bupati Badung Nyoman Giri Prasta menyampaikan bahwa pelaksanaan pujawali ini sebagai wujud puji syukur sekaligus meningkatkan sradha dan bhakti untuk memohon kerahayuan dan keselamatan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa. “Pujawali ini merupakan wujud syukur kami kehadapan Ida Shang Hyang Widhi Wasa, agar kami sekeluarga yang menempati rumah jabatan ini senantiasa diberikan kesehatan dan keselamatan serta kenyamanan dalam beraktivitas dan kerja kami guna mewujudkan program-program yang telah menjadi visi dan misi saya selaku Bupati Badung untuk mensejahterakan masyarakat Badung,” katanya. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.