Ilustrasi. (BP/tomik)

NEGARA, BALIPOST.com – Tambahan pasien positif Covid-19 kembali terjadi di Kabupaten Jembrana. Data teranyar Kamis (27/8), Jembrana kembali muncul tambahan lima pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Satu di antaranya masih terkait dengan klaster Kantor Desa Warnasari, Kecamatan Melaya dan Kantor BPKAD Jembrana.

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jembrana, dr I Gusti Agung Putu Arisantha mengatakan adanya penambahan dalam sehari kemarin sebanyak lima orang. Rinciannya, penambahan pertama laki laki usia 53 tahun, asal desa Warnasari Melaya. Pasien kedua, Perempuan 36 tahun asal desa Kaliakah.

Sedangkan penambahan pasien positif ketiga laki laki 20 tahun asal Kelurahan Sangkaragung, sekaligus pegawai kontak di Pemkab Jembrana. Pasien ini diduga bagian klaster BPKAD, karena sebelumnya ada riwayat kontak dengan salah satu pasien terkonfirmasi positif.

Baca juga:  Puluhan Nakes di Boyolali Positif COVID-19

Sementara keempat dan kelima, keduanya beras dari Tegal Badeng Barat, berusia masing – masing 48 tahun dan 29 tahun. Kedua pasien ini merupakan keluarga inti ( suami dan anak) dari seorang pasien terkonfirmasi positif Covid-19 asal Desa Tegal Badeng Barat. Saat ini pasien masih menjalani perawatan di Ruang Isolasi RSU Negara.

“Penambahan pertama itu bagian klaster perangkat desa Warnasari. Pasien ini ada kontak erat dengan pasien Covid-19 sebelumnya, sehingga termasuk bagian dari klaster desa,” terangnya.

Baca juga:  Ini, 3 Kabupaten Catatkan Tambahan Harian Kasus COVID-19 Sama

Kemudian ditambahkan Arisantha, penambahan kedua, juga bagian klaster Desa Warnasari, sebelumnya ada kontak dengan salah satu tenaga kesehatan terkonfirmasi covid -19 yang bekerja di Pustu Warnasari.

Sementara untuk penambahan keempat dan kelima imbuh Arisantha merupakan klaster keluarga .Total ada tiga orang yang terkonfirmasi, seluruhnya merupakan satu keluarga inti.

Dengan demikian secara kumulatif jumlah kasus terkonfirmasi di Jembrana hingga kamis (27/8) sebanyak 117 orang, sedangkan yang sudah dinyatakan sembuh dan dipulangkan 76 orang. Disisi lain, RSU Negara juga menyampaikan adanya kesembuhan salah satu pasien terkonfirmasi. Seorang pria 62 tahun asal Yeh Sumbul Kecamatan Mendoyo yang berprofesi petani ini tercatat sebagai kasus ke-77 terkonfirmasi positif di Jembrana .
Direktur RSU Negara dr I Gusti Bagus Ketut Oka Parwata mengatakan pasien yang telah sembuh itu sebelumnya dirawat sejak 16 agustus 2020 lalu , diruang isolasi RSU Negara.

Baca juga:  Buleleng Bergeser ke Posisi Kedua, Giliran Kabupaten Ini Sumbang Kasus COVID-19 Harian Terbanyak

“Pasien ini rujukan dari Puskesmas, ada riwayat hipertensi dan sesak. Rapid testnya reaktif dan hasil swabnya positif . Kini sudah dinyatakan sembuh dari covid-19 sehingga bisa kita pulangkan pada hari ini, ” papar Parwata (Surya Dharma/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.