(BP/Istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – Ajang Penganugerahan Data Forum Anak Tahun 2020 (DAFA Award 2020) kembali digelar Selasa (25/8). Lantaran masih dalam situasi pandemi Covid-19, DAFA Award tahun ini dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom. Pada tahun-tahun sebelumnya, DAFA Award selalu dilakukan bersamaan dengan pertemuan Forum Anak Nasional setiap 23 Juli.

Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Lenny N. Rosalin mengatakan, DAFA Award pertama kali digelar 2012 silam. Program ini merupakan upaya konkret untuk memberikan apresiasi kepada setiap Forum Anak yang aktif, kreatif serta inovatif dalam menjalankan perannya terkait pemenuhan hak dan perlindungan anak.

Termasuk keterlibatan Forum Anak dalam perencanaan pembangunan. ‘’Forum Anak di berbagai daerah telah banyak melakukan kegiatan yang diikuti pendataan sistematis,’’ ujarnya.

Menurut Lenny, DAFA Award 2020 bertujuan untuk melakukan pendataan profil Forum Anak di seluruh Indonesia guna memperbarui pangkalan data yang dimiliki Sekretariat Forum Anak Nasional dan Kementerian PPPA RI. Di samping untuk mengetahui keaktifan Forum Anak di setiap daerah lewat kegiatan yang dilakukan.

Baca juga:  Jangan Samakan Desa Adat dengan Preman

Sedikitnya, ada 12 kategori penghargaan yang diberikan. Kementerian PPPA sebagai pembina Forum Anak memfasilitasi DAFA Award 2020 untuk memotivasi Forum Anak daerah di seluruh Indonesia agar terus melakukan pendataan dengan baik untuk semua kegiatan yang dilakukan. ‘’Data ini sangat penting sebagai bahan evaluasi efektivitas kelembagaan Forum Anak. Selain itu, data ini juga dibutuhkan untuk penyusunan kebijakan perlindungan anak,’’ jelasnya.

Menteri PPPA RI I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengatakan, Forum Anak sudah terbentuk di hampir semua provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia (34 provinsi dan 451 dari 514 kabupaten/kota – red). Pihaknya masih memiliki pekerjaan rumah (PR) untuk membentuk di tingkat desa/kelurahan.

Sebab, saat ini baru sekitar 2.000 desa/kelurahan yang sudah membentuk Forum Anak dari total sekitar 75.000 desa/kelurahan di Indonesia. Keberadaan Forum Anak adalah salah satu bentuk upaya pemerintah dalam mengimplementasikan pemenuhan hak-hak dasar anak dan perlindungan khusus sebagaimana diamanatkan Konvensi Hak Anak dan Undang-undang tentang Perlindungan Anak. ‘’Salah satu hak dasar adalah hak partisipasi. Pemenuhan hak ini harus dijamin dalam kondisi apa pun. Partisipasi anak merupakan bagian dari proses tumbuh kembang anak,’’ ujarnya.

Baca juga:  AP I Ungkap Trafik Penumpang Naik 4,3 Persen

Menurut Bintang, kunci keberhasilan Forum Anak dalam menjalankan peran dan fungsinya adalah adanya kemauan dan kemampuan anak untuk berperan sebagai pelopor dan pelapor serta berpartisipasi dalam perencanaan pembangunan. Seluruh Forum Anak dari tingkat provinsi hingga desa/kelurahan juga diharapkan semakin aktif melakukan pendataan.

Bukan hanya untuk mendapatkan penghargaan, tetapi sebagai suatu kewajiban sehingga setiap Forum Anak bisa melakukan evaluasi mandiri terhadap kelembagaan masing-masing. Selain itu, data real dan aktual turut mendukung proses perencanaan pembangunan agar berjalan maksimal dan tepat sasaran. ‘’Bersama-sama kita jaga semangat anak-anak agar dapat mengembangkan potensi, menumbuhkan tenggang rasa dan empati, serta mengasah kemampuan di mana pun mereka berada,’’ jelasnya.

Bintang menambahkan, anak-anak adalah harapan dan calon pemimpin bangsa. Anak-anak yang sehat lahir dan batin, cerdas, semangat dan berkarakter akan tumbuh menjadi generasi penerus bangsa berkualitas di masa depan. Hal ini demi mewujudkan Indonesia layak anak 2030 dan generasi emas 2045.

Bali Sabet Dua Penghargaan

Baca juga:  Libur Panjang, Kendaraan Keluar Bali Meningkat

Forum Anak Provinsi Bali berhasil menyabet dua penghargaan dari total 13 kategori dalam DAFA Award 2020. Yakni, sebagai Forum Anak Provinsi Terbaik dan Forum Anak dengan Program Unggulan Terbaik. Selain itu dari Bali, Forum Anak Kabupaten Buleleng juga meraih penghargaan sebagai Forum Anak 2P Terbaik.

Sedangkan untuk kategori lainnya, seperti Forum Anak Kota Terbaik diraih Forum Anak Kota Tanjungpinang, Forum Anak Kabupaten Terbaik diraih Forum Anak Kabupaten Bekasi, Forum Anak Kecamatan Terbaik diraih Forum Anak Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman, Forum Anak Kelurahan Terbaik diraih Forum Anak Kelurahan Teladan, Kabupaten Bangka Selatan, Forum Anak Desa Terbaik diraih Forum Anak Desa Banaran, Kabupaten Gunung Kidul, Lembar Profil Terbaik diraih Forum Anak Kabupaten Blitar, Forum Anak Lembar Profil Terbanyak diraih Forum Anak Provinsi Riau, Forum Anak Partisipasi Anak dalam Perencanaan Pembangunan (PAPP) Terbaik diraih Forum Anak Kota Tanjungpinang, Forum Anak Teraktif diraih Forum Anak Kota Bandung, serta Media Sosial Forum Anak Terbaik diraih Forum Anak Kota Banjarmasin. (Rindra Devita/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.