Bupati Giri Prasta saat memimpin upacara peringatan HUT kemerdekaan RI di Kabupaten Badung, Senin (17/8). (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Mengingat masih dalam suasana pandemi Covid-19, pelaksanaan upacara peringatan HUT kemerdekaan RI di Kabupaten Badung tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Biasanya diikuti oleh seluruh OPD dan Instansi vertikal, namun kali ini hanya diikuti oleh 1 Regu dari Kodim 1611/ Badung dan 1 Regu dari Polres Badung.

Meskipun demikian jalannya upacara tetap tetap berlangsung khidmat dengan mengikuti protokol kesehatan, Senin (17/8) bertempat di Lapangan Puspem Badung. Bertindak selaku inspektur upacara Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Danramil 08/Kuta Selatan Mayor Inf Made Nariada selaku komandan upacara, Ketua DPRD Badung Putu Parwata selaku Pembaca Naskah Proklamasi dan untuk Doa dibacakan Kepala Kantor Kementerian Agama Badung AA Manguningrat.

Baca juga:  Ini, Besaran Vonis untuk Pengawas LPD Kapal

Pengibaran sang saka merah putih hanya dilakukan oleh 6 orang Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang merupakan siswa-siswi SMA/SMK Badung terpilih. Seusai mengikuti upacara Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi Wabup Suiasa mengatakan, sebagai rakyat di Negara Kesatuan Republik Indonesia sudah merupakan kewajiban mutlak melaksanakan upacara peringatan hari proklamasi kemerdekaan RI ke-75 dan mengenang jasa para Pahlawan yang telah berjuang dengan darah dan keringat untuk Indonesia merdeka.

“Dengan perayaan hari proklamasi kemerdekaan RI ke-75 ini kami tetap memberikan motivasi kepada seluruh warga masyarakat utamanya generasi milenial agar dapat selalu meningkatkan dan menjunjung tinggi semangat patriotisme sehingga kedepannya agar Indonesia menjadi Indonesia Raya,” tegas Giri Prasta.

Baca juga:  Industri Pariwisata Badung Berkembang, Ancaman HIV/AIDS Meningkat

Lebih lanjut disampaikan terkait dengan peringatan hari Proklamasi Kemerdekaan RI ke-75 di tengah pandemi Covid-19 dirinya mengatakan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan berharap agar pandemi ini segera berakhir sehingga masyarakat semuanya dapat kembali beraktivitas secara normal dengan mengedepankan budaya pola hidup baru.

“Dalam rangka membangkitkan perekonomian masyarakat pada momen kemerdekaan RI, pada tanggal 16 Agustus 2020 ini kami telah melaksanakan beberapa kegiatan untuk menghidupkan sektor ekonomi dan membangkitkan semangat juang masyarakat. Salah satunya bersinergi pada kegiatan yang dilakukan oleh LPM Legian dan Kuta terkait pasar murah dan kegiatan sosial yang menunjukan sikap patriotisme, untuk mengingatkan semua pihak bahwa kita di Indonesia adalah keluarga,” tutup Giri Prasta.

Baca juga:  Diduga Karena Ini, PA Nekat Bunuh dan Bakar Pasutri Jepang

Upacara turut diikuti oleh, Sekretaris Daerah Kabupaten Badung Wayan Adi Arnawa, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Badung, Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Badung, serta Pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.