Suasana pemberian motivasi oleh Aqua Dwipayana, Sabtu (15/8). (BP/may)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr. Aqua Dwipayana, kembali memberikan ceramah motivasi pada  tim leader Bank BPD Bali pada Sabtu (15/8). Ceramah motivasi bertajuk “Transformasi Budaya Kerja untuk Mendukung Kinerja Bank BPD Bali di Tengah Pandemi COVID-19.”

Dalam ceramahnya, Aqua Dwipayana menekankan pentingnya komunikasi dalam suatu organisasi, khususnya perbankan. Ia mengatakan sebagai banker juga harus memiliki karakter dan jatidiri yang kuat.

Karakter dan jatidiri yang kuat ditunjukkan dengan mau belajar. Ciri-cirinya rajin membaca dan senang berkomunikasi. “Artinya setiap detik, menit, jam manfaatkan untuk belajar,” ujarnya.

Baca juga:  Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana "Bayar Hutang" ke Rektor Undiksha, Motivasi 3.100 Mahasiswa Baru

Komunikasi yang baik juga ditunjukkan dengan tidak ragu-ragu meminta maaf jika melakukan kesalahan. Komunikasi dengan masyarakat juga harus dijalin, salah satunya dengan menjalin hubungan baik dan silaturahim dengan media.

Untuk dapat melaksanakan peran tersebut perlu menguasai komunikasi yang baik. “Menguasai komunikasi secara komprehensif, tidak parsial dan komunikasi yang baik dapat menguasai dunia,” ujarnya.

Selain komunikasi, Aqua Dwipayana juga mengajak tim leader BPD Bali untuk selalu bersyukur karena tidak ada alasan untuk tidak bersyukur. “Karena kita bekerja di institusi yang kredibel di seluruh dunia. Ketika kita bilang bekerja di bank, banker, orang akan segera tahu. Karena orang yang bekerja di bank identik dengan kecerdasan. Dari 4 juta penduduk Bali, yang bekerja di bank 0,0 persen sekian. Jadi yang bekerja di bank adalah orang-orang terbaik,” ujarnya.

Baca juga:  Impor Mainan ke Bali Naik, Diduga Proyek Ini Penyebabnya

Dalam kegiatan sharing Komunikasi dan Motivasi kali ini Dr Aqua mengajak putra bungsunya Savero Karamiveta Dwipayana. Mahasiswa semester 7 Jurusan dan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Bandung itu sejak sekitar lima bulan lalu aktif sebagai relawan di Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Nasional yang dipimpin Letjen TNI Doni Monardo.

Direktur Kepatuhan Bank BPD Bali Wayan Sutela Negara mewakili Direktur Utama Bank BPD Bali mengatakan, untuk melakukan transformasi budaya kerja di internal, perlu perubahan-perubahan. “Budaya kerja yaitu tindakan yang dilakukan untuk mencapai visi misi bank. Dengan budaya kerja yang baik tentu akan menghasilkan kinerja yang bagus,” ujarnya.

Baca juga:  Ratusan Pedagang Pasar Seni Sukawati Pindah ke Lapangan Sutasoma

Motivasi yang diberikan diharapkan bisa diterapkan oleh tim leader BPD Bali. Lewat pelatihan yang diiikuti para pemimpin ini, diharapkan bisa menularkan virus-virus budaya kerja CINTA pada staff di bawahnya. (Citta Maya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.