Terminal Mengwi mulai direnovasi. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Renovasi Terminal Tipe A Mengwi, Badung mulai dikalukan. Berdasarkan pantauan, Jumat (14/8) sejumlah pekerja terlihat membongkar terminal Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Rencananya, terminal yang terletak di Desa Mengwitani, Kecamatan Mengwi ini akan disulap menyerupai Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Kepala Terminal Mengwi, I Putu Bagus Mudita, membenarkan perbaikan Terminal Mengwi mulai dilakukan Minggu lalu. “Semua sudah dikerjakan (renovasi) dari berbaikan AKAP, pembuatan pintu keluar maupun penataan yang lainnya,” ungkapnya.

Menurutnya, sebelum dibongkar, semua disekat dengan menggunakan seng baja. Terkait desain, tembok atau pembatasnya akan menggunakan kaca.

Baca juga:  Penumpang Angkutan Udara Dialihkan ke Terminal Mengwi, Situasi Masih Normal

Bahkan, konsep pembangunannya pun menyerupai Bandara Ngurah Rai. “Jadi desain sudah ada, makanya semuanya akan dibongkar. Intinya konsepnya modern tidak seperti sekarang,” jelasnya.

Namun demikian, terminal Mengwi tetap melayani penumpang seperti sediakala. Sebab, sebelum dibongkar terminal AKAP dipindahkan ke belakang terminal. “Untuk di pintu keluar, juga akan dibangun gapura, seperti pintu masuk. Lebarnya pun hampir sama sehingga masuk dan keluar bus bisa tercatat dengan baik,” terangnya.

Baca juga:  Ratusan Siswa Pengungsi Gunung Agung Sekolah di Badung

Dijelaskan, proyek renovasi akan dilakukan bertahap tahun ini dikerjakan beberapa bagian, yakni loby, AKAP, penataan parkir dan pembuatan pintu keluar pada terminal.

Perbaikan terminal itu akan diutamakan pelayanan dan keindahannya. Sehingga terminal tipe A Mengwi akan menjadi bersih dan menjadi daya tarik masyarakat ke terminal serta memanfaatkan fasilitas terminal.

Seperti diketahui, untuk merombak terminal Mengwi, pemerintah pusat melalui kementerian Perhubungan sudah menyiapkan dana sebesar Rp 35 miliar. Pengerjaan rehab bangunan itu pun akan dilakukan selama dua tahun ke depan atau pada tahun 2020 sampai dengan 2021.

Baca juga:  Warga Diimbau Diam di Rumah, Sejumlah Bus dari Jawa Tiba di Terminal Mengwi

Proyek perbaikan Terminal Mengwi itu akan dikerjakan bertahap yakni tahun 2020 direalisasikan anggaran sebesar Rp 15 miliar dan Tahun 2021 sisanya sebesar Rp 20 miliar.

Seperti diketahui, Direktur Prasarana Transportasi Jalan Kementerian Perhubungan Darat Mohamad Rizal Wasal sempat melaksanakan monitoring padat karya di Terminal Mengwi. “Kami ingin tata bagian depan terminal. Jadi Terminal ini bukan hanya untuk berpergian, bisa juga untuk berkarya bagi anak muda yang ada di Bali,” katanya. (Parwata/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.