Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto..(BP/dok)

BANDUNG, BALIPOST.com – Uji klinis vaksin COVID-19 milik Sinovac akan mulai dilakukan Selasa (11/8). Presiden Joko Widodo dijadwalkan meninjau langsung uji tersebut. Demikian disampaikan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, dikutip dari Kantor Berita Antara.

Menurut Terawan, uji klinis vaksin COVID-19 itu akan dilakukan di Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Universitas Padjajaran, Jalan Eyckman, Kota Bandung, Jawa Barat. Terawan mengatakan penyuntikan vaksin kepada relawan harus sesuai dengan protokol kesehatan.

Baca juga:  Gubernur Jambi Jadi Tersangka, PAN Beri Bantuan Hukum

Untuk itu, ia meninjau secara langsung persiapan uji klinis vaksin itu sebelum kedatangan Presiden Jokowi. “Yang terpenting, proses uji vaksin perdana besok harus sesuai protokol kesehatan, mengingat besok akan ada Presiden yang langsung meninjau,” kata Terawan di RSP Unpad Jalan Eyckman Kota Bandung, Senin.

Sejauh ini 21 orang relawan sudah dilakukan tes usap sebagai syarat sebelum dilakukan penyuntikan vaksin asal Tiongkok itu. Apabila semuanya dinyatakan negatif COVID-19 dan sudah sesuai dengan syarat.

Baca juga:  Tak Punya Biaya, Ibu dan Bayi Terlantar di Rumah Sakit

Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Unpad, Dr Setiawan memastikan telah mengecek kondisi kesehatan para tenaga kesehatan yang akan membantu proses uji vaksin tersebut. “Jadi kondisi ruangan untuk uji klinis jauh lebih aman dibandingkan kondisi seperti biasa. Karena sudah ada penapisan lebih awal,” kata Setiawan. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.