Anggota TNI melakukan pengawasan protokol kesehatan untuk mencegah COVID-19. (BP/Istimewa)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Aparat TNI/Polri terus bergerak ke pusat-pusat keramaian masyarakat. Mereka mengingatkan setiap warga untuk selalu menerapkan pola bermasyarakat dengan adaptasi kebiasaan baru agar terhindar dari bahaya COVID-19.

Seperti diterapkan Koramil 1610-04/Nusa Penida, dipimpin langsung Wadanramil Lettu Inf. I Made Purwadi, S.H bersama anggotanya, turun langsung ke tengah-tengah warga memberikan imbauan kepada warga yang berkunjung di Pasar Desa Kampung Toyapakeh, Kamis (23/7). Untuk selalu mematuhi protokol kesehatan (prokes) dalam rangka adaptasi kebiasaan baru. Salah satunya adalah menggunakan masker pada saat melaksanakan aktivitas di luar rumah.

Masker langsung dibagikan kepada warga yang belum menggunakannya. Pembagian masker ini sebagai upaya untuk perlindungan diri bagi masyarakat yang sedang melaksanakan aktivitasnya di luar rumah.

Baca juga:  Jaringan Air Putus, Warga Serbu Sumur Bor

Guna mencegah dan memutus penyebaran COVID-19, karena kapan saja dan siapa saja bisa terkena serta tertular oleh virus tersebut. Wadanramil Nusa Penida Lettu Inf. I Made Purwadi, S.H menyampaikan selaku aparat kewilayahan, pihaknya selalu siap membantu dan mendukung serta bersinergi dengan aparat lainnya. Dalam melaksanakan upaya pencegahan ini.

Dengan pembagian masker ini, sekaligus menghimbau serta mengajak warga agar selalu menggunakan masker, rajin cuci tangan dan jaga jarak. Sehingga masyarakat akan semakin sadar dalam upaya memutus rantai penyebaran virus corona. “Ini kita lakukan di sekitar fasilitas umun, pasar dan jalan raya, dimana tempat banyak warga yang melaksanakan aktivitas,” jelasnya.

Baca juga:  Hasil Pemilu

Salah satu pedagang Sayur di Pasar Desa Kampung Toyapakeh Ni Komang Sulasni dari Desa Kutampi merasa teredukasi. Sehingga, selalu bersikap waspada dalam setiap situasi.

Dalam penerapan adaptasi kebiasaan baru, setiap pengunjung pasar, baik pembeli dan penjual diwajibkan memakai masker. Selain itu, pedagang dan pembeli harus mencuci tangan jika hendak masuk ke area pasar.

Jajaran kepolisian juga melakukan hal serupa. Personil Polres Klungkung di bawah kendali Kapolres Klungkung AKBP Bima Aria Viyasa, terus terjun ke pasar-pasar tradisional di Klungkung.

Baca juga:  Penyebaran COVID-19 Rambah 33 Desa di Karangasem

Salah satu personil polisi Ipda Ida Bagus Alit Subrata, mengatakan kedisiplinan dalam penerapan adaptasi kebiasaan baru, harus terus ditingkatkan. Sehingga, tidak memunculkan klaster baru dalam penyebaran COVID-19 ini.

Selain itu, polisi tak henti-henti mengingatkan warga untuk selalu menjaga kesehatan dan tingkatkan imunitas tubuh agar tidak mudah terserang virus apapun. Seperti lebih sering mengkonsumsi vitamin dan istirahat yang cukup. (Bagiarta/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.