DENPASAR, BALIPOST.com – Memasuki tahun ajaran baru, proses pembelajaran siswa masih dilakukan di rumah secara online. Namun, ditengah kondisi pandemi Covid-19, pembelajaran online ini tentu juga memberatkan orangtua siswa. Karena, untuk pembelajaran online ini, dibutuhkan kuota internet.

Untuk meringankan beban orangtua siswa, berbagai upaya dilakukan secara gotong-royong oleh pihak Banjar Petangan Gede, Ubung Kaja, Denpasar. Salah satunya yakni menyediakan wifi gratis, terutama untuk anak-anak di lingkungan banjar setempat.

Menurut I Ketut Sumandi selaku Kelian Banjar Petangan Gede, Ubung Kaja, fasilitas wifi gratis ini disiapkan untuk membantu meringankan beban orangtua siswa dalam pembelajaran online siswa. Ini kata dia, juga sebagai upaya supaya proses pembelajaran siswa tidak terhambat akibat terkendala kuota internet.

Baca juga:  Ditunda, Penetapan Enam Pura Jadi Cagar Budaya

Lebih lanjut dikatakan Sumadi, Wifi gratis yang dipasang di balai banjar ini, merupakan terobosan dari tim Banjar Petangan Gede untuk anak-anak di lingkungan Banjar. Meski diperbolehkan memanfaatkan fasilitas di Banjar, namun pihaknya menyebut dalam penerapan di banjar, sudah disiapkan potokol kesehatan. Seperti tempat cuci tangan, hand sanitizer maupun pengaturan jarak duduk.

“Kami dari tim Banjar Petangan Gede, membuat terobosan, bahwa balai banjar kita bisa dipakai untuk proses belajar. Untuk itu, kita sudah menyiapkan wifi gratis dan tempat, namun juga dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, supaya anak-anak bisa belajar dengan nyaman dan pembelajaran berjalan lancar,” katanya didampingi Wayan Widiarta ST., selaku kepala wilayah Petangan Gede Ubung Kaja, pangelingsir Banjar dr. AA. Ngurah Trinanditya dan tokoh masyarakat lainnya, saat meninjau ujicoba pembelajaran, Sabtu (18/7).

Baca juga:  Di Masa Pandemi COVID-19, Jumlah Penderita Gangguan Psikis Meningkat

Sementara, salah seorang anggota DPRD Denpasar dari banjar setempat, I Nyoman Gede Sumara Putra, ST., yang sering disapa Mang De mengatakan, pihaknya secara pribadi sangat mengapresiasi program ini. Pihaknya mengatakan, apa yang dilakukan oleh Kelian Banjar bersama jajarannya merupakan suatu kegiatan yang kreatif. Yakni mendukung program pemerintah untuk membantu memfasilitasi siswa dalam pembelajaran secara online.

Pihaknya berharap program ini kedepan bisa diterapkan di seluruh Denpasar. Sehingga, diharapkan, seluruh wilayah di Denpasar, bisa tercover jaringan wifi gratis. “Ini agar bisa ditiru, karena ini merupakan program inisiatif dan kreatif,” harapnya.

Baca juga:  Pullman Bali Legian Beach Launches Tropicana Indonesia by Komang Tri

Mang De selaku wakil rakyat di DPRD Denpasar mengatakan, untuk dukungan, pihaknya mengaku terus akan mendukung segala kegiatan yang sifatnya positif. Yang paling penting kata dia adala kebijakan. “Apa kebijakan yang memang memungkinkan untuk diperjuangkan di DPR akan diupayakan supaya bisa meringankan beban masyarakat,” ucapnya. (Yudi Karnaedi/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.