Alat berat mulai meratakan tanah untuk jalan baru di Desa Sukawati yang menghubungkan ke Desa Kemenuh. (BP/Ist)

GIANYAR, BALIPOST.com – Pembangunan jalan penghubung antara Desa Sukawati dengan Desa Kemenuh Kecamatan Sukawati kini mulai digarap. Bahkan pembangunan jalan baru itu sudah digarap sejak awal Juni. Jalan baru ini akan menjadi lintasan pengganti untuk jalur sebelumnya yang amblas akibat longsor.

Pantauan hari Kamis, proses pengerjaan jalan baru di Desa Sukawati ini sudah memasuki tahap perataan lahan oleh buldoser. Lokasinya persis di atas jalan yang lama. Sejumlah pekerja masih sibuk menggarap jalan penghubung tersebut.

Baca juga:  Bahu Jalan di Jalur Bangli-Kintamani Amblas

Plt. Kepala BPBD Gianyar, Ngakan Dharma Jati, memembenarkan proses pengerjaan jalan baru di Desa Sukawati menuju Desa Kemenuh memang sudah mulai dikerjakan. “Iya terkait jalan ini sudah dikerjakan mulai 8 Juni lalu, sampai tanggal 4 Nopember 2020, ” ujarnya Kamis (2/7).

Dikatakan, dengan pengerjaan jalur baru ini, masyarakat tidak perlu lagi memakai jalur lama, terlebih konstruksi tanahnya yang labil. Pembangunan ini akan berlangsung selama enam bulan, dalam pengerjaannya BPBD menggandeng Dinas PUPR Gianyar. “Kalau masih memakai jalur lama, nanti bisa longsor lagi, kita menggangdeng PU terkait pengerjaannya, ” ungkap Dharma Jati.

Baca juga:  Jalan di Tegalalang Tertimbun Longsor

Anggaran untuk jalan tersebut bersumber dari anggaran Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat. Dikucurkan dalam dana Rehabilitasi dan Rekontruksi Pasca Bencana. “Anggarannya dari pusat 1,9 milyar itu sudah finishing bisa dilewati,” ungkapnya. (Manik Astajaya/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.