Direktur RSUD Karangasem, I Wayan Suardana. (BP/Nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Pihak RSUD Karangasem menyiapkan sal mawar untuk pasien yang masuk sebagai pasien dalam pengawasan (PDP) rapid nonreaktif. Penyiapan sal mawar dilakukan guna mengantisifasi bila nantinya terjadi lonjakan pasien PDP. Direktur RSUD Karangasem, I Wayan Suardana mengungkapkan hal itu, Selasa (30/6).

Suardana mengatakan, sal mawar yang disiapkan tersebut memiliki kapasitas sebanyak 17 tempat tidur. Dan saat ini, pihaknya hanya memanfaatkan ruang Gangga sebagai tempat merawat pasien PDP maupun pasien yang sedang melaksanakan swab test.

Baca juga:
Tumpek Landep Dijadikan Hari Pusaka

“Selama ini kita hanya mempergunakan sal gangga dengan kapasitas 12 tempat tidur sebagai sal khusus untuk melakukan penanganan covid-19. Langkah penyiapan sal mawar ini sebagai antisipasi jika sewaktu-waktu ada penambahan pasien yang mesti dirawat di RSUD,” Ucapnya.

Menurut Suardana, sal mawar sendiri disiapkan bila sewaktu-waktu bisa dipergunakan jika keadaan cukup mendesak. Hanya saja, persiapan sal mawar sebagai tempat merawat pasien yang ada hubunganya dengan Covid-19 masih sedang di kaji. “Kalau memang kondisinya cukup mendesak, sal mawar kita siapkan. Tetapi kita masih kaji lagi, karena sekarang sal gangga masih mencukupi,” Katanya.

Baca juga:
Rapid Test COVID-19 di Bali Mulai 26 Maret, Ini yang Diprioritaskan

Dia menjelaskan, sekarang ini RSUD Karangasem tengah merawat 9 orang pasien di sal gangga yang salah satunya merupakan pasien positif. Pasien yang telah terkonfirmasi Covid-19 masih menunggu di rujuk ke RS rujukan. Pasien yang dirawat secara fisik kuat, dan tanpa ada penyakit penyerta.

“Bila kondisi pasien memiliki penyakit penyerta, maka pasien akan langsung dirujuk ke RS rujukan. Tapi kalau tidak ada memiliki penyakit penyerta, tetapi pasien terkonfirmasi postif sebelum mendapat tempat di RS Rujukan, sementara kita rawat disini,” tegas Suardana. (Eka Prananda/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.