DENPASAR, BALIPOST.com – PPD PDIP Bali menggelar acara penutupan peringatan Bulan Bung Karno Tahun 2020 di Sekretariat DPD PDIP Bali, Selasa (30/6). Sedikitnya ada empat peringatan selama Bulan Bung Karno.

Meliputi Hari Lahirnya Pancasila tanggal 1 Juni, Hari Lahirnya Bung Karno tanggal 6 Juni, wafatnya Bung Karno tanggal 21 Juni, dan penutupan peringatan Bulan Bung Karno tanggal 30 Juni. Koordinator Umum Peringatan Bulan Bung Karno Tahun 2020, Dewa Made Mahayadnya mengatakan, ada berbagai kegiatan yang digelar untuk memperingati Bulan Bung Karno.

Diantaranya upacara bendera Hari Lahir Pancasila 1 Juni di masing-masing Kantor DPC Partai, bakti sosial berupa pembagian sembako secara serentak di kabupaten/kota sebanyak 30 ton beras, serta sosialisasi dan lomba. Terkait sosialisasi, salah satunya terkait pengolahan bahan pangan berbasis potensi lokal alam Bali berdasarkan resep Mustika Rasa Warisan Bung Karno.

Baca juga:  Pohon Kayu Santen Roboh Menimpa Warung di Kuta

Sosialisasi ini dilaksanakan di seluruh DPC partai dengan peserta masyarakat umum bekerjasama dengan Indonesian Chef Association (ICA) secara virtual. “Tujuannya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat luas tentang bagaimana mengolah hasil alam sebagai pengganti beras/bahan pokok sehingga bisa mengurangi ketergantungan terhadap beras dan mengurangi pengeluaran rumah tangga di masa pandemi COVID-19,” ujar Mahayadnya.

Ketua Fraksi PDI-P DPRD Bali ini menambahkan, sosialisasi berikutnya terkait kebun sayuran rakyat dengan konsep urban farming bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali. Termasuk menyerahkan bibit tanaman sayur, cabe, tomat dan lainnya.

Baca juga:  Fraksi PDIP DPRD Bali Gotong Royong Tangani COVID-19

Pihaknya berharap keikutsertaan masyarakat Bali secara luas berkebun sayuran dengan konsep urban farming juga akan membantu meringankan pengeluaran rumah tangga di masa pandemi COVID-19. Adapun lomba-lomba yang digelar antara lain lomba melukis dengan tema “Bung Karno dengan Sistem Video Timelapse”, lomba vlog, lomba pidato dengan tema “Gotong Royong Berskala Besar untuk Penanganan COVID-19 Berbasis Kearifan Lokal Bali”, serta lomba musikalisasi puisi Bung Karno.

Baca juga:  Daftar di KPU Jembrana, Incumbent PDIP Berkurang Satu

Lomba utamanya ditujukan bagi generasi muda, baik siswa, mahasiswa maupun umum. Hadiah untuk para pemenang lomba diserahkan langsung oleh Ketua DPD PDI-P Bali, Wayan Koster saat acara penutupan berlangsung. “Kami juga menayangkan fragmen di Bali TV dengan judul Lukisan Ini Tidak Dijual persembahan DPD PDI-P Bali bekerjasama dengan Teater Selem Putih pada 21 Juni lalu,” imbuh Mahayadnya.

Selain itu, DPD PDI-P Bali juga mencetak dan membagikan 6.500 buku komik Bung Karno Bapak Bangsa kepada SMA/SMK se-Bali bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Bali. (Rindra Devita/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *