Wabup Kasta saat turun langsung menyerahkan bantuan. (BP/kmb)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta menyerahkan bantuan paket sembako kepada penderita lumpuh, I Ketut Sucitawan (36) di Dusun Punduk Dawa, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Jumat (26/6). Sucitawan menderita kelumpuhan sejak 9 tahun silam usai mengalami kecelakaan di jalan By Pas Ida Bagus Mantra, Klungkung.

Kini ia tinggal dan dirawat oleh anak semata wayangnya Ni Putu Mira Cahya Devani (9) dibantu kerabat dan keluarga dekatnya, mengingat sang istri telah pergi untuk selamanya saat kecelakaan itu terjadi. “Kondisi saya sudah seperti ini sejak sembilan tahun lalu usai kecelakaan,” ujarnya dihadapan Wabup Kasta.

Baca juga:  Hendak Menyalip, Mobil Tabrak Pembatas Kemudian Ditabrak Motor

Sejak itu pula, Sucitawan hanya bisa berbaring ditempat tidur. Bahkan selama itu pula, dirinya mengaku belum pernah tersentuh bantuan apapun dari pemerintah. “Baru sekarang saya mendapat bantuan ini dan juga BLT dari desa,” ucapnya.

Wabup Kasta disela penyerahan bantuan mengatakan bahwa penderita lumpuh asal Punduk Dawa ini sudah termasuk cacat permanen. Wabup menugaskan Dinas Sosial dan aparat desa agar kembali mengecek data, apakah yang bersangkutan sudah pernah diusulkan untuk mendapat bantuan atau sudah terdaftar apa belum. “Dinas nanti agar mengecek kembali, karena ini sudah tergolong cacat permanen,” ujar Wabup Kasta.

Baca juga:  Diduga Picu Kemacetan, Bali Marathon 2017 Tuai Keluhan Warga

Kepedulian Wabup Kasta tidak sampai di situ. Didampingi Camat Dawan, A.A Putra Wedana, dirinya juga memberikan bantuan sembako kepada Wayan Wiranata, petugas TOSS Center yang mengalami kecelakaan kerja beberapa waktu lalu.

Wiranata, pria asal Dawan Klod ini tinggal di rumah sang istri di Banjar Peninjoan, Desa Paksebali. Bersama PMI dan Dinas Sosial, Wabup juga memberikan bantuan sembako kepada Kadek Ari Suarbawa (20).

Ditemui di rumahnya di Banjar/Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan, tubuh Suarbawa terlihat semakin kurus bahkan hingga tidak sanggup lagi berjalan. Kondisi itu ia derita sekitar 2 tahun lalu atau jelang mengikuti ujian di salah satu SMK di Klungkung. “Selain penanganan medis, kita juga akan upayakan pengobatan tradisional,” ucap Wabup Kasta yang juga seorang penekun spiritual ini.

Baca juga:  Badung Siapkan BLT untuk Masyarakat Kelurahan

Wabup Kasta saat ini juga memimpin PMI Cabang Klungkung. Bergerak di bidang sosial kemanusiaan, Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Klungkung tidak hanya menangani masalah ketersediaan darah.

PMI Klungkung juga ikut bergerak membantu sesama dengan memberikan bantuan sembako kepada warga yang membutuhkan. Ini membuat gerakan ini semakin masif, untuk membantu masyarakat yang sangat membutuhkan uluran tangan. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *