Peltu Made Suardika dan Pelda Wayan Arsana sebelum pentas. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Dua Babinsa Kodim 1611/Badung, Peltu Made Suardika dan Pelda Wayan Arsana ternyata memiliki bakat dalam berkesenian, yaitu Tari Topeng Bali dan Bondres. Karena bakatnya tersebut, mereka sering diundang warga saat ada upacara di wilayah desa binaannya.

Pelda Wayan Arsana, Selasa (26/5) menyampaikan, dia tugas sebagai Babinsa di Desa Petang. Dia tidak saja melaksanakan tugas sebagai prajurit TNI AD di garda terdepan untuk melakukan tugas pokok kewilayahan yang diembannya, tapi dengan kemampuan berkesenian yang dimiliki dirinya cukup intens melakukan komunikasi sosial kreatif (komsos) kreatif dengan menari topeng Bali bila ada masyarakat melaksanakan kegiatan keagamaan. “Sebelum pentas kami koordinasi dulu dengan warga yang punya acara,” ujar Pelda Arsana.

“Kami melakukan komsos kreatif melalui seni. Itu kami lakukan dengan prinsip ngayah atau membantu dengan sukerela,” tandasnya.

Hal serupa disampaikan Peltu Made Suardika. Dia bersyukur memiliki bakat menari topeng ataupun bebondresan. Dengan demikian, ia dapat menggunakan kesempatan tersebut sebagai media pembinaan teritorial (Binter).

Menurutnya, saat pandemi COVID-19 membatasi ruang geraknya untuk ngayah. “Semua harus memaklumi kondisi saat ini. Mari kita berdoa kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa agar pandemi COVID-19 cepat berlalu sehingga dapat beraktivitas normal kembali,” ujarnya. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.