Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose mengecek kesiapan pengamanan di Pelabuhan Gilimanuk. Salah satu perhatian adalah terkait arus balik pascalebaran. (BP/Olo)

NEGARA, BALIPOST.com – Kapolda Bali, Irjen Pol Petrus Reinhard Golose mengimbau kepada warga yang hendak masuk ke Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk untuk mengikuti pengecekan sesuai protokol kesehatan COVID-19. Bali yang saat ini sudah baik dalam penanganan COVID-19 harus tetap dijaga.

Imbauan tersebut disampaikan Kapolda Bali disela-sela melakukan pengecekan pengamanan arus Lebaran di Pelabuhan Gilimanuk, Jumat (22/5). Dari pengamatan Kapolda, arus orang dan kendaraan yang hendak keluar Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk tahun ini turun drastis 80 persen.

Bahkan saat dilakukan pengecekan, petugas pengamanan baik dari Kepolisian maupun TNI jumlahnya lebih banyak dibandingkan orang yang hendak menyeberang. Kapolda Bali menyebutkan bahwa Gilimanuk bisa dikontrol oleh petugas. Namun yang menjadi perhatian dan perlu diantisipasi adalah arus balik nantinya pascalebaran.

Kapolda Bali juga menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Bali yang telah bersama-sama menjaga kesehatan dan menjalankan protokol COVID-19. “Memang tidak sempurna kita melakukan pengamanan (Gilimanuk), tetapi tidak ada efek yang signifikan akibat dari penyeberangan Gilimanuk ini. Kami apresiasi petugas, stakeholders di Gilimanuk dan Ketapang bekerjasama luar biasa,” terangnya.

Untuk membackup, Kapolda menginstruksikan langsung sejumlah pejabat utama jajaran Polda di antaranya Dir Lalu Lintas, Dir Sabhara dan Dan Sat Brimob untuk standby berikut kekuatan personilnya.

Untuk masyarakat yang mungkin akan kembali ke Bali pascalebaran, Kapolda meminta agar dilakukan pengecekan sesuai protokol COVID-19. “Sampai sekarang hasil pengamatan dunia, bahwa Bali bisa melaksanakan yang terbaik dalam presentase antara tingkat kematian dengan yang terpapar COVID-19. Bahkan (korban) kecelakaan lalu lintas lebih banyak dibandingkan COVID-19 di Pulau ini (Bali). COVID-19 empat meninggal, lakalantas dari bulan Januari 173 orang meninggal,” ujar Kapolda.

Jumlah lakalantas hingga mengakibatkan korban meninggal ini didominasi pengendara kendaraan bermotor yang tidak mengenakan helm.

Kedatangan Kapolda Bali ke Gilimanuk ini untuk memantau situasi pelabuhan penyeberangan Gilimanuk-Ketapang terkait pandemi COVID-19 serta mengecek kesiapan petugas dilapangan sesuai prosedur yang telah ditetapkan. Kapolda Bali yang diterima Kapolres Jembrana AKBP I Ketut Gede Adi Wibawa, Dandim 1617/Jembrana Letkol Kav Jeffry Marsonok Hanok serta Bupati Jembrana I Putu Artha.

Selanjutnya juga melakukan pengecekan di Pos Pengamanan dan penyekatan Pelabuhan Gilimanuk serta menyerahkan bingkisan untuk anggota yang bertugas. Kapolda dalam kesempatan tersebut juga menyerahkan bantuan kepada 10 warga Gilimanuk yang terdampak COVID-19. (Surya Dharma/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.