Petugas melakukan rapid test. (BP/eka)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Kasus transmisi lokal di Badung ternyata mengalami peningkatan. Salah satunya di Desa Werdi Bhuwana.

Menurut Koordinator Satuan Tugas Operasi di Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Badung, dr. I Nyoman Gunarta, Rabu (20/5), transmisi lokal di Desa Werdi Bhuwana sebanyak 5 kasus. Rinciannya satu orang dirawat di RS PTN Udayana dan seorang dirawat di RSUP Sanglah. Sisanya, 3 orang sudah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang.

Meski demikian 3 orang yang sudah diperbolehkan pulang tersebut tetap masih harus isolasi mandiri di rumah dan melaksanakan protokol kesehatan.

Ia pun mengatakan Badung akan melakukan screening terhadap warga di Banjar Sayan Baleran, Desa Werdi Bhuwana, Mengwi. Pelaksanaan screening lewat rapid test akan diadakan Kamis (21/5).

Baca juga:  Tambahan Kasus COVID-19 Nasional Masih di Atas 6.000

Dengan dilaksanakan screening ini, pihaknya berharap masyarakat tetap tenang dan tidak resah karena apa yang dilakukan oleh pemerintah ini untuk mencegah meluasnya kasus. Sehingga baik pemerintah maupun masyarakat mengetahui langkah apa yang dilakukan selanjutnya setelah hasil screening ini.

“Kami harap masyarakat di Banjar Sayan Baleran khususnya dan di Desa Werdi Bhuwana umumnya tetap tenang dan tidak perlu resah. Yang penting tetap ikuti himbauan pemerintah untuk selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, rajin cuci tangan, jaga jarak (physical distancing) dan sebisa mungkin tidak keluar rumah jika tidak terlalu penting, karena ini dapat memutus penyebaran Covid-19,” jelas mantan Direktur RS Mangusada ini.

Baca juga:  Hari Ini, Hampir 85 Persen Tambahan Kasus COVID-19 Disumbangkan 4 Wilayah

Ia mengatakan salah satu tugas dari gugus tugas adalah melakukan mitigasi, surveilance terhadap kasus COVID-19 yang salah satu kegiatannya melakukan screening melalui rapid test. “Ini semacam deteksi dini untuk mencegah bertambahnya kasus, ibaratnya sedia payung sebelum hujan,” katanya.

Terkait dengan screening ini, Dinas Kesehatan Badung menyiapkan 60 petugas dengan alat rapid sekitar 1.200 – 1.500 pcs. Kegiatan dibagi kedalam 3 pos yaitu Pos Wantilan Pura Puseh, Pos Wantilan Pura Dalem dan Pos Pura Prajapati di Setra. “Nantinya pengerahan masa akan dilakukan oleh Desa Adat dan Satgas Gotong Royong Penanggulangan COVID-19 Desa Werdi Bhuwana dibantu pecalang dan Linmas. Dengan jumlah sasaran 1.200 orang warga Banjar Sayan Baleran,” tuturnya.

Baca juga:  Lapas Kerobokan Jadi Klaster Baru COVID-19!! Jumlah Napi Tertular Naik Drastis

Lebih lanjut dr. Gunarta mengatakan untuk pengamanan pelaksanaan screening melibatkan petugas Sat. Pol. PP, Babinsa dan Bhabinkamtibmas desa setempat. Di samping itu pelaksanaan screening juga akan melibatkan petugas dari Dinas Perhubungan yang nantinya bertugas mengangkut warga yang hasil rapid testnya reaktif ke Rumah Sakit Mangusada untuk dilaksanakan pemeriksaan swab. (Parwata/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *