SEMARANG, BALIPOST.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merekomendasikan pemberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) se-Jawa seiring masih tingginya jumlah kasus COVID-19 di wilayah itu. Ditanya komentarnya soal ini, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo buka suara.

Ia mengatakan pemerintah Jawa Tengah satu komando dengan pemerintah pusat dalam penanganan COVID-19. Ia akan mendukung penuh jika seluruh Pulau Jawa diberlakukan PSBB.

Berkaca pada pemerintah Kota Tegal Jateng, yang sukses menjadi zona hijau COVID-19, Ganjar mengatakan pihaknya mendukung penerapan PSBB. Ia pun mengaku telah siap dengan segala skenario untuk menjalankan perintah dari pusat.

Baca juga:  Cegah Transmisi Lokal Bertambah Parah di Serokadan, PSBB akan Diterapkan?

Ia mengatakan masing-masing daerah telah menyiapkan kebijakan tersendiri untuk penanganan COVID-19. Untuk Jateng, Ganjar telah menginstruksikan program “jogo tonggo” atau menjaga tetangga. Program ini dibuat untuk melaporkan tentang kondisi orang terdekat di sekitar rumah.

Selain itu, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan TNI-Polri dan masyarakat untuk menghitung dampak yang ditimbulkan. Ia juga telah menyiapkan rumah sakit dan relawan tenaga medis sebagai garda paling akhir jika pemerintah pusat akan memberlakukan PSBB di Jawa. (Hendi Nugroho/Semarang TV)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.