Personel SAR mengevekuasi KM Baruna Jara Raya yang sempat dilaporkan hilang saat pelayaran dari Sapeken, Madura menuju PPI Sangsit, Kecamatan Sawan. (BP/Ist)

SINGARAJA, BALIPOST.com – Sempat dilaporkan hilang saat berlayar di Kepulauan Sapeken, Madura, Jawa Timur (Jatim), Kapal Motor (KM) Baruna Jaya Raya berhasil ditemukan Jumat (8/5). KM dengan panjang 24 meter tersebut ditemukan selamat di perairan Desa Sangsit, Kecamatan Sawan. KM yang mengangkut ikan segar dengan tujuh orang Anak Buah Kapal (ABK) ini hilang kontak sejak mulai pelayarannya pada Rabu (6/5) pukul 22.00 Wita.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali), Gede Darmada mengatakan, informasi pelayaran KM Baruna Jara Raya ini di terima saat mulai pelayarannya di Pelabuhan Sapaken, Madura. Dari Sapeken, KM ini rencnanaya menuju Pusat Pendaratan Ikan (PPI) di Desa Sangsit, Kecamatan Sawan, lalu meneruskan pelayarannya ke Banyuwangi. Hanya saja, dalam perjalannya, KM ini dilaporkan hilang.

Jika tidak ada hambatan, harusnya KM diperkirakan sandar di PPI Sangsit pada Kamis (7/5) pada pukul 04.00 Wita. Pada pukul 23.00 Wita, pihak otoritas pelabuhan mencoba menghubungi Nahkoda KM Baruna Jaya Raya Subhan Husaini, namun gagal. Atas kejadian itu, KM Baruna Jaya Raya dilaporkan hilang.

“Kronologis awalnya dari Sapeken KM ini akan ke Sangsit, namun sesuai jadwal, kapal juga tidak kunjung sandar. Setelah menghubungi nahkoda tidak berhasil, sehingga dikategorikan laporan kapal hilang,” katanya.

Menindaklanjuti laporan itu, Basarnas Bali kemudian berkoordinasi dengan Basarnas Mataram dan SROP Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak. Personel ini kemudian melakukan pencarian dengan menyisir rute pelayaran. Dari pencarian ini, SAR akhirnya berhasil menemukan KM Baruna Jaya Raya, sekitar pukul 03.20 Wita. Saat ditemukan, KM dan para ABK-nya dalam kondisi selamat. Posisi KM berada pada 7°53’24.54″S – 115° 4’24.54″E, yakni 11,78 Nm dari PPI Sangsit.

Dari kordinat penemuan itu, SAR kemudian mengawal KM Baruna Jara Raya untuk melanjutkan pelayaran hingga bersandar di PPI Sangsit. Selain melibatkan personel SAR, evakuasi ini melibatkan TNI AL Pos Sangsit, Polairud Polres Buleleng dan Potensi SAR Radio 115. “Seluruh ABK dalam keadaan baik dan telah sandar di PPI tadi pagi pukul 07.40 Wita,” jelasnya. (Mudiarta/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.