Ilustrasi. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Beredar anjuran di WhatsApp Group (WAG) untuk memakai masker di tanggal 10 hingga 12 Maret. Di pesan itu tertera imbauan tersebut dari Badan Intelijen Nasional (BIN).

Berikut isi pesan itu :

“Bhw 3 hari kedepan diusahakan seluruh anggota keluarga masing2 di Rmh…utk tdk keluar rmh, walau hanya utk berjemur, klu tdk sgt terpaksa..
Krn dlm 3 hari kedepan Arus angin dari Utara ke arah Selatan yg membawa wabah (penyakit) akan melewati Indonesia menuju Australian..
Tolong diinformasikan kpd teman2 yg tdk ada di grup ini…
Terimakasih…ini informasi dari BIN”

Soal pesan itu, BMKG pun bereaksi. Dalam rilisnya yang diterima Jumat (10/4), dinyatakan pesan itu adalah hoaks. Plt Deputi Bidang Meteorologi, Drs. Herizal, M.Si mengatakan informasi yang menyatakan akan ada angin utara menuju selatan membawa wabah penyakit, dapat dipastikan bukan berasal dari BMKG dan isi informasi tersebut hoax serta tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Baca juga:  Sehari Jelang Dibukanya Bali untuk Wisdom, Kasus COVID-19 Masih Bertambah Puluhan Orang

“BMKG menegaskan bahwa saat ini sebagian besar wilayah Indonesia sedang berada pada peralihan musim hujan menuju musim kemarau sehingga sirkulasi angin tidak lagi di dominasi angin dari utara (dari Benua Asia), bahkan di beberapa wilayah di bagian selatan Indonesia kini sudah mulai berhembus angin dari timur – selatan (dari Benua Australia),” ujarnya.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi, melalui http://www.bmkg.go.id,
atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat. (Winatha/balipost)

Baca juga:  Pedagang Tuak Dikeroyok Hingga Babak Belur
BAGIKAN