Bupati Eka Wiryastuti melakukan video conference terkait penanganan COVID-19. (BP/Istimewa)

TABANAN, BALIPOST.com – Penanganan virus Corona atau COVID-19 membuat kebutuhan dasar yang diperlukan guna mencegah penyebaran mata rantai virus mengalami kelangkaan. Seperti masker, hand sanitizer dan cairan desinfektan yang sampai saat ini memang masih sangat sulit didapat.

Terkait hal itu, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti meminta Satgas COVID-19 dan jajarannya agar terus memantau dan mencarikan solusi tentang alat pelindung diri masyarakat tersebut. Ia juga meminta Perusda di Tabanan berperan aktif dalam kondisi seperti saat ini. “Kami ingin mengerahkan seluruh pihak baik itu pemerintah, masyarakat maupun Perusda agar bahu membahu, bergotong royong memerangi wabah ini. Kami harap Perusda mampu menyediakan sarana dan prasarana yang sifatnya mendesak dan wajib dimiliki oleh masyarakat sebagai pelindung diri seperti hand sanitizer, masker, desinfektan dan APD lainnya agar kelangkaan kebutuhan tersebut bisa teratasi,” ungkapnya.

Baca juga:  Belasan Napi Perempuan Keracunan Disinfektan, Ini Penjelasan Kalapas Kerobokan

Ia juga berharap Perusda bisa bekerja sama dengan BUMDes di Kabupaten Tabanan yang mempunyai tenaga-tenaga terampil. Misalnya untuk pembuatan masker atau memberikan pelatihan ke BUMDes yang ada di desa agar bisa nantinya mempekerjakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

“Perusda dan BUMDes harus mampu memenuhi kebutuhan dasar masyarakat tersebut, seperti hand sanitizer, masker, desinfektan dan APD lainnya, sehingga memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat Tabanan. Kita harus gotong-royong dalam menghadapi masalah ini. Jangan ada yang mau ambil untung sendiri” imbuhnya. (Puspawati/balipost)

Baca juga:  Begini Antrean RSUP Sanglah Pasca Hari Raya
BAGIKAN