Suasana di areal parkir RSUD Sanjiwani, Gianyar, Kamis (9/1). (BP/nik)

GIANYAR, BALIPOST.com – Mempersiapkan penanganan pasien covid 19, RSUD Sanjiwani kini sedang mengerjakan ruang isolasi tambahan. Bila sudah rampung rumah sakit yang berlokasi di Jalan Ciung Wanara ini akan memiliki 11 ruang isolasi. Bupati Gianyar I Made Mahayastra mengatakan hal ini, Sabtu (28/3).

Bupati Mahayastra mengatakan saat ini di RSUD Sanjiwani terdapat 3 ruang isolasi. Kini sedang dikerjakan 8 ruang isolasi tambahan. “Akan ada penambahan 8 ruang isolasi di Ruang Abimanyu, sehingga total nanti ada 11 ruang isolasi,” kata Bupati asal Payangan ini.

Baca juga:  Anggaran Pengadaan Watermeter Dialihkan Untuk Penanganan Covid-19

Disinggung terkait Pemprov Bali yang sudah menyiapkan RS PTN Udayana khusus menangani COVID-19, Bupati Gianyar mengatakan pihaknya akan tetap mengerjakan ruang isolasi tambahan ini, sebagai antisipasi bila RS Udayana tersebut overload. “Kita khawatir kalau itu penuh sehingga kita sebagai RS rujukan melakukan persiapan, uang yang Rp 300 juta kita alokasikan untuk ini, sekarang sudah dikerjakan menyiapkan tambahan ruang isolasi,” katanya.

Baca juga:  Muntah dan Alami Sesak Napas, Satpam Meninggal di Tempat Kosnya

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan bilik sterilisasi untuk seluruh pasar di Kabupaten Gianyar. “Bilik steril yang nantinya akan ditempatkan di seluruh pasar yang ada di Gianyar, masing-masing pasar ada 20 buah, termasuk dengan wastafel,” katanya.

Pihaknya juga menyiapkan 70 posko yang dikelola oleh masing-masing desa. Di posko itu ada informasi langkah-langkah, bila ada yang mencurigakan termasuk tindak lanjut dengan menghubungi tim COVID-19 dan tenaga kesehatan. “Mereka di posko ini bisa komunikasi langsung dengan Satgas COVID-19, RS Sanjiwani ataupun puskesmas terdekat,” katanya. (Manik Astajaya/balipost)

BAGIKAN