Bupati PAS melakukan penyemprotan disinfektan, Sabtu (28/3). (BP/Istimewa)

SINGARAJA, BALI POST.com – Pencegahan wabah COVID-19 dengan penyemprotan disinfektan semakin massif dilakukan. Selain mengerahkan mobil pemadam kebakaran, dan water cannon milik kepolisian, penyemprotan disinfektan dilakukan langsung oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana (PAS).

Menariknya, dia menggunakan koleksi VW miliknya untuk mengangkut drum berisi cairan disinfektan. Dengan VW kesayangannya itu, Bupati berkeliling menyemprotkan disinfektan.

Sasaran penyemprotan Jumat (27/3), lokasi sasaran penyemprotan sseperti Jalan Ngurah Rai, Udayana, Abimanyu, Kartini, Ahmad Yani, Patimura, Pramuka, dan kembali ke rumah dinas Bupati Jalan Ngurah Rai, Singaraja. Selain menyemprot pekarangan rumah warga, pertokoan, dan perkantoran, kegiatan yang menghabiskan cairan sekitar 500 liter itu juga menyasar beberapa tempat umum, seperti, Taman Lila, areal depan GOR Bhuana Patra, kantor KONI Buleleng, Pasar Kampung Bugis, Pura Jagatnatha, dan beberapa pusat perbelanjaan.

Baca juga:  Deretan Negara Pertahankan "Lockdown" Bertambah, Giliran Spanyol Umumkan Perpanjangan

Bupati mengatakan, aksi kali ini merupakan kelanjutan dari kegiatan penyemprotan yang sudah dilaksanakan sebelumnya. Penyemprotan akan secara rutin dilaksanakan dalam waktu satu minggu ini.

Upaya ini akan epektif, jika ada dukungan dari masyarakat. Untuk itu, dirinya kembali meminta kesadaran masyarakat untuk mengikuti apa yang menjadi himbauan pemerintah. “Hal ini juga sebagai bagian untuk meminimalisir penyebaran COVID-19,” katanya.

Bupati menambahkan, perbekel desa dan kelurahan diinstruksikan melakukan pencegahan COVID-19. Untuk melaksanakan pencegahan ini, Bupati meminta agar pemerintahan desa atau kelurahan menggunakan anggaran yang sudah disusun dalam APBDes. (Mudiarta/balipost)

BAGIKAN