Rekomendasi BPKP
Bupati Klungkung, Nyoman Suwirta. (BP/dok)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Langkah antisipasi terus disiapkan pemerintah daerah untuk mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19). Salah satunya upaya Bupati Klungkung Nyoman Suwirta.

Ia menginstruksikan kepada semua pimpinan kantor, sekolah maupun tempat pelayanan publik agar menyediakan cairan antiseptik di setiap pintu masuk. Meski terlihat sederhana, namun Bupati Suwirta meyakini cara ini cukup efektif untuk mencegah, dengan memulai pola hidup bersih.

“Semua kantor dan sekolah hingga tempat pelayanan publik, harus siapkan antiseptik. Virus itu tidak tahu kapan datangnya, dan siapa yang bawa, sulit diketahui. Pihak sekolah segera lakukan ini sebagai pencegahan,” kata Bupati Suwirta, Sabtu (7/3).

Baca juga:  Kasus Positif COVID-19 Bali Tambah 3

Bupati Suwirta mengingatkan, kebiasaan hidup bersih semestinya bukan hanya dilakukan saat momen ancaman virus saja. Tetapi, semestinya dapat dilakukan setiap hari.

Ia mengaku sudah menginstruksikan kepada seluruh kepala OPD agar segera menyediakan antiseptik itu. Jajaran pemerintah daerah harus mampu memberikan contoh lebih dulu, sehingga bisa diikuti oleh lembaga lain dan masyarakat secara umum.

Demikian juga sekolah-sekolah, agar mampu memberikan contoh kepada peserta didiknya mulai dari bangku sekolah. Langkah antisipasi dari bangku sekolah dinilai jauh lebih efektif, karena langsung menyentuh kebiasaan siswa, yang bisa ditularkan pada kehidupan keluarganya. “Selama ini kita kebiasaan begitu, panik setelah hal buruk terjadi. Makanya, lakukanlah kebiasaan hidup bersih itu sehari-hari. Jadi, bukan hanya lingkungan rumah sakit saja yang harus ada antiseptiknya,” tegasnya. (Bagiarta/balipost)

BAGIKAN