nasi yasa
Ilustrasi. (BP/ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Mengalami perut kembung tentu sangat mengganggu. Perut kembung adalah gangguan kesehatan yang paling sering dialami.

Ada beragam penyebab yang bisa memicu perut kembung. Cara mengatasinya pun ada banyak. Berikut, 5 cara mengatasi perut kembung dikutip dari Okezone.

1. Konsumsi makanan kaya potassium

Mineral potassium bersama dengan sodium berfungsi untuk mengatur keseimbangan cairan di dalam tubuh kita, hingga tidak terjadi perut kembung, papar Abbey Sharp, R.D., blogger di Abbey’s Kitchen.

Makanan yang kaya akan potassium antara lain: pisang, jeruk, tomat, melon dan asparagus. Bahkan asparagus juga kaya akan asam amino yang baik bagi tubuh, yang disebut asparagine.

Baca juga:  Bangli Laporkan 3 Kasus Baru Positif COVID-19 Salah Satunya Anak Usia Lima Tahun, Seluruhnya Dikarantina di Rumah Karena Ini

Zat ini berfungsi diuretic yaitu membuat kita ingin buang air kecil untuk membuang kelebihan air di dalam tubuh.

2. Stop kebiasaan mengunyah permen karet

Anda doyan mengunyah permen karet? Kebiasaan ini ternyata bisa memicu perut kembung, ujar Patricia Raymond, M.D., pakar gastroentologi di Chesapeake, Virginia.

Maka, sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi permen mint, tapi cari yang low sugar, ya!

3. Kurangi makanan yang tinggi karbohidrat

Baca juga:  Ini, Tips Bagi Nasabah Bank Agar Terhindar Skimming

Anda tidak harus berhenti total tidak mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, namun Patricia Raymond, M.D., pakar gastroenterologi menyarankan untuk menghindari kembung, jangan makan terlalu berat di saat makan malam.

Makanan yang terbuat dari tepung antara lain roti dan pasta akan membuat tubuh menahan air. Maka hindari menyantap makanan yang mengandung karbohidrat menjelang tidur malam, sehingga esok pagi Anda tidak akan merasa perut terasa lebih gendut atau kembung.

4. Hindari minuman bersoda

Gelembung-gelembung soda di dalam minuman berkarbonasi bisa membuat perut Anda jadi kembung. Maka lebih baik minum air putih saja, saran Jeannie Gazzaniga-Moloo, R.D., salah satu anggota American Dietetic Association.

Baca juga:  Ini, Tips Tingkatkan Berat Badan Anak

Dengan mengonsumsi banyak air putih, maka tubuh Anda jadi lebih segar dan lebih sehat.

5. Mengasup kalsium dan magnesium

Jika Anda cenderung mengalami perut kembung menjelang menstruasi, maka beberapa hari sebelumnya wajib mengasup suplemen kalsium (1000mg per hari) dan magnesium (320mg per hari), tambah Abbey Sharp. Kedua mineral ini membantu tubuh mengurangi gangguan kesehatan menjelang menstruasi, termasuk perut kembung. (Goes Arya/balipost)

Sumber : Okezone

BAGIKAN