Warga Banjar Yeh Panes menggelar aksi bersih-bersih di Danau Batur, Selasa (18/2). (BP/Istimewa)

BANGLI, BALIPOST.com – Puluhan warga Banjar Yeh Panes, Desa Songan, Kecamatan Kintamani, Bangli, Senin (17/2), melakukan aksi bersih-bersih di tepi Danau Batur. Kegiatan inisiatif dari sejumlah warga dan dikomandoi Komang Agus Darma Putra.

Pria yang kerap disapa Gus Condro ini mengerahkan puluhan orang untuk membersihkan eceng gondok yang tumbuh liar di tepi danau. “Danau Batur sekarang ini kerap menjadi pemberitaan di media terkait kondisinya. Di mana, kondisi danau ini disebut-sebut tercemar sampah dan terjadi pedangkalan. Atas hal ini, kami dan pemuda lainnya sepakat utuk melakukan pembersihan sampah dan enceng gondok yang tumbuh liar di tepi danau,” kata Gus Condro, Selasa (18/2).

Baca juga:  Pascahujan Deras, Jalan Culali Jebol di Dekat Pura Mas Munduk

Pencemaran, pendangkalan hingga eceng gondok adalah beberapa di antara sekian banyak persoalan yang membelit Danau Batur. Kerusakan di Danau Batur adalah yang terparah dibandingkan danau lainnya di Bali.

Sebelas kementerian dan Bappenas telah diperintahkan untuk menangani 15 danau di Indonesia yang mengalami kerusakan, salah satunya Danau Batur. Sayangnya langkah penyelamatan sejauh ini sebatas wacana. (Pramana Wijaya/balipost)

BAGIKAN