Pemimpin Kelompok Media Bali Post, Satria Naradha menyerahkan cinderamata pada Konsul Jenderal AS di Surabaya, Mark McGovern (kanan). (BP/kmb)

DENPASAR, BALIPOST.com – Konsul Jenderal AS untuk RI di Surabaya, Mark McGovern mengunjungi Gedung Pers K. Nadha, Rabu (5/2). Kunjungan Konsul Jenderal McGovern diterima Pimpinan Kelompok Media Bali Post, Satria Naradha, Pemimpin Redaksi Bali Post, Bali Post Online, dan Bali TV.

McGovern menyampaikan tujuannya berkunjung ke Bali, yakni untuk memperkuat hubungan AS dengan Indonesia. Saat ini, hubungan AS dan Indonesia sudah memasuki tahunnya yang ke-71 dan diharapkan bisa ditingkatkan, baik dari sisi ekonomi, budaya, maupun pendidikan.

Baca juga:  Mayat Mengambang Ditemukan Nelayan

Di bidang pendidikan dan budaya, program yang dijalankan salah satunya adalah English Language Fellows yang mengajak warga AS untuk mengajar Bahasa Inggris di sejumlah kota di Asia. Program ini, jelasnya, mengajarkan guru-guru tentang Bahasa Inggris sehingga siswa tertarik mempelajarinya.

Ia pun mengutarakan di Bali, ada program yang memadukan pembelajaran Bahasa Inggris dan Bahasa Bali, yakni Multilingual Reading and Creative Writting Workshop. Program yang merupakan kerjasama dengan NGO di Bali ini berupaya memasyarakatkan Bahasa Bali di kalangan generasi muda. “Kami membuat komik yang berisi cerita-cerita rakyat khas Bali yang menggunakan Bahasa Bali dan Inggris,” ungkap pria humoris ini didampingi Kepala Humas Konjen AS di Surabaya, Angie Mizeur.

Baca juga:  Bahasa Bali Terdegradasi, Identitas Manusia Bali Terancam 

Kegiatan yang rencananya dihadiri Gubernur Bali, Wayan Koster ini, lanjutnya, merupakan sebuah program untuk menjaga generasi muda menggunakan bahasa ibunya. Sekaligus juga mempelajari bahasa yang bisa membawa mereka ke dalam pergaulan internasional.

Ia mengaku senang berkunjung ke Bali karena keindahan alam dan budayanya, serta keramahtamahannya. Terlebih, WN AS yang berkunjung ke Bali jumlahnya cukup banyak dan masuk dalam 5 besar wisatawan mancanegara ke Bali. (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.