Suasana PPDB SMA/SMK di Jembrana. (BP/istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pemprov Bali akan segera merealisasikan janji untuk memberikan Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) bagi sekolah swasta. Khususnya SMA/SMK yang menjadi kewenangan provinsi.

Untuk diketahui, sekolah swasta selama ini hanya menerima BOS dari pemerintah pusat. Berbeda dengan sekolah negeri yang mendapatkan BOS dari pusat dan juga BOSDA. “Di era Pak Gubernur Wayan Koster, BOSDA itu selain di negeri, swasta pun harus dibantu. Jadi ada keberpihakan gubernur terhadap sekolah swasta,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bali, Ketut Ngurah Boy Jayawibawa dikonfirmasi, Kamis (23/1).

Baca juga:  Agensi Tour Ajukan Keluhan ke Kedubes RI Sebut Oknum Imigrasi Ngurah Rai "Palak" Tamunya

Menurut Boy, Pergub terkait pengalokasian BOSDA untuk sekolah swasta baru saja turun. Pihaknya terlebih dulu akan melakukan sosialisasi. Mengingat sebelumnya, sebagian pihak masih ada yang skeptis kucuran BOSDA untuk sekolah swasta hanya sekedar janji.

Namun ditegaskan oleh Boy, regulasi terkait BOSDA untuk sekolah swasta sudah mulai efektif diberlakukan tahun ini. Untuk pencairannya nanti, syaratnya harus ada pengajuan dari sekolah swasta.

Baca juga:  Ini 3 Hakim Senior Ditunjuk Sidangkan Kasus Jerinx

BOSDA akan diberikan sesuai data pokok pendidikan (dapodik) sekolah swasta. “Harus ada pengajuan, misalnya sekolah A punya murid berapa, kita cek dulu,” jelasnya. (Rindra Devita/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.