Pelajar sedang mengkases internet lewat HP. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Di era revolusi Industri 4.0 seperti saat ini, literasi membaca berbasis digital sangat penting diterapkan guna meningkatkan minat baca milenial. Sebab, generasi muda milenial menginginkan bahan bacaan, seperti buku mudah diakses di gadget/HP mereka.

Menurut salah satu pelaku usaha buku digital, Ketut Suardhana Linggih, buku digital salah satu cara meningkatkan minat literasi baca generasi milenial. “Oleh karena itu, mau tidak mau buku digital harus dikembangkan,” katanya Sabtu (18/1).

Baca juga:  Lacak Jejak Liburan Pasien Corona di Bali, Ini Hasil Penelusurannya

Sebagai salah satu pelaku usaha bidang ini, ia mengatakan bahan bacaan yang ada di sistem berbasis digital selalu diupdate sehingga pembaca tidak ketinggalan dengan materi-materi yang berkembang saat ini. Apalagi, software yang dikembangkan tetap mengedepankan kualitas yang baik.

Aplikasi yang bisa diunduh melalui android ataupun komputer ini, juga dapat menghubungkan pengarang dan pembacanya di seluruh dunia. Sebab, selain menyediakan toko buku daring dan aplikasi baca digital, pihaknya sekaligus menjadi penerbit digital yang memfasilitasi para penulis untuk menerbitkan tulisan mereka. “Digitalisasi ini juga penting dalam efisiensi buku dan penggunaan kertas,” pungkas Suardhana, yang juga mantan Waketum Kadin Indonesia Bidang Ekonomi Kreatif. (Winatha/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.